1.488 Mahasiswa Unsyiah KKN di Aceh Jaya

0
1066
Foto: Humas Unsyiah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 1.488 orang mahasiswa Universitas Syiah Kuala dikirim ke Aceh Jaya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN), dilaksanakan 9 Januari – 8 Februari 2019. Mereka dilepas Rektor Unsyiah Prof. Samsul Rizal di gedung Kantor Pusat Administrasi (KPA) Unsyiah, 9 Januari 2019.

Rektor berpesan, setiap mahasiswa Unsyiah harus bersungguh-sungguh mengikuti KKN. Sebab inilah kesempatan mereka untuk belajar dan mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama di bangku kuliah. “Melalui KKN, mahasiswa dilatih untuk mengembangkan potensi dirinya dengan terjun langsung di masyarakat,” katanya.

Menurut Samsul, mahasiswa Unsyiah harus mampu melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Secara khusus Rektor mengajak mahasiswa Unsyiah untuk mengembangkan semangat literasi baik untuk dirinya sendiri ataupun bagi masyarakat. “Saat ini budaya literasi kita masih tergolong sangat lemah. Dan hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia, yang merupakan modal penting pembangunan.”

Mahasiswa diajak mampu mengubah wajah Aceh menjadi lebih baik, yaitu dengan semangat kejujuran, berperilaku yang baik dan cerdas secara intlektual. “Karena hal itu pula yang menjadi modal kalian untuk sukses di masa depan,” pesan Rektor.

Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Unsyiah Prof Tongku Nizwan Siregar menjelaskan, KKN Unsyiah kali ini merupakan periode ke-16 dari KKN Unsyiah yang terdiri dari KKN reguler dan KKN PPL Terintegrasi. Di mana para mahasiswa ini akan dibimbing sebanyak 50 orang dosen pembimbing.

Tongku merinci, mahasiswa KKN ini nantinya akan disebar di sembilan kecamatan yang terdiri dari 171 gampong yang ada di Aceh Jaya. Terdiri dari 113 mahasiswa di Kecamatan Setia Bakti, 169 mahasiswa di Kecamatan Panga, 153 mahasiswa di Kecamatan Krueng Sabee, 169 mahasiswa di Kecamatan Darul Hikmah, 167 mahasiswa di Kecamatan Teunom, 124 mahasiswa di Kecamatan Indra Jaya, 165 mahasiswa di Kecamatan Sampoinet, 109 mahasiswa di Kecamatan  Pasie Raya dan 290 mahasiswa di Kecamatan Jaya.

“Setelah pelepasan hari ini, para mahasiswa akan langsung berangkat ke Aceh Jaya, di sana mereka akan disambut oleh Bupati Aceh Jaya,” ucap Tongku. []

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.