15 Bacaleg DPRA Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat

0
846

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Setelah penelitian berkas dilakukan selama 1 hingga 7 Agustus 2018, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menetapkan 1.310 berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) yang memenuhi syarat. Jumlah tersebut terdiri dari 494 Bacaleg perempuan dan sisanya laki-laki.

“Sebanyak 15 bakal calon DPRA dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan tidak masuk dalam rancangan DCS (Daftar Calon Sementara),” kata Anggota komisioner KIP Aceh, Munawarsyah pada kegiatan sinkronisasi data Bacaleg DPRA di Aula KIP Aceh, Kamis (9/8).

Menurutnya, beberapa hal yang membuat adanya Bacaleg yang TMS adalah tidak melengkapi berkas saat masa perbaikan, tidak hadir saat uji baca Alquran, tidak lengkap dokumen ijazah dan ada Bacaleg yang mengundurkan diri.

Munawarsyah menambahkan, nama-nama Bacaleg yang dinyatakan memenuhi syarat akan dimasukkan dalam rancangan DCS. “Sesuai dengan tahapan, KIP Aceh akan mengumumkan DCS kepada media dalam rentang tanggal 12 sampai 14 Agustus 2018,” ujarnya.

Berikutnya, KIP Aceh menerima masukan dan tanggapan dari masyarakat selama 12-21 Agustus 2018 mendatang terkait Bacaleg yang diumumkan. Tanggapan tersebut nantinya akan diverifikasi sesuai ketentuan.

Pada acara sinkronisasi data Bacaleg DPRA yang dihadiri oleh perwakilan 20 partai politik dan para komisioner tersebut, sebut Munawarsyah, membahas dua agenda. Pertama, sinkronisasi data Bacaleg dan kedua, dilanjutkan penyampaian Berita Acara (BA) perbaikan Bacaleg kepada semua partai.

Sinkronisasi dilakukan dengan mencocokkan data Bacaleg antara manual dan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) berdasarkan hasil perbaikan. “Sinkronisasi dengan data perbaikan kita lihat namanya sesuai B1. Nanti akan diminta paraf dari tim penghubung partai,” pungkas Munawarsyah.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.