20 Warga Rohingya Terdampar di Idi

0
1535

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 20 warga etnis Rohingya dari Myanmar terdampar di Kuala Idi, Aceh Timur, Selasa pagi (4/12/2018).

Panglima Loat Idi, Razali M. Ali yang dihubungi dari Banda Aceh menyatakan bahwa mereka yang menggunakan sebuah boat bermesin masuk ke Kuala Idi sekitar pukul 7:00 waktu setempat.

“Mereka masuk sendiri ke kuala, bukan ditolong oleh nelayan kita seperti kejadian sebelumnya,” katanya kepada acehkita.com.

Dalam beberapa kasus sebelumnya, para nelayan Aceh menolong Muslim Rohingya di tengah lautan setelah terkatung-katung selama beberapa pekan.

Puncaknya adalah tahun 2015 lalu, di mana lebih dari 1.000 warga Rohingya diselamatkan nelayan Aceh di kawasan Aceh Utara dan Aceh Timur.

Menurut Razali, saat ini ke-20 warga Rohingya itu ditampung di Pos TNI Angkatan Laut Idi, sambil dilakukan pendataan.

“Kondisi mereka sehat-sehat saja,” katanya, seraya menambahkan warga sekitar pelabuhan telah memberikan bantuan makanan dan minuman.

Razali menambahkan otoritas terkait telah menghubungi kantor Imigrasi Langsa untuk menangani para manusia perahu Rohingya yang diperkirakan sedang dalam perjalanan ke Malaysia.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.