Naskah Perjanjian Damai RI dan GAM

Naskah Perjanjian Damai RI dan GAM

by -
1 138

PENGANTAR: Naskah Perjanjian Damai antara Pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka, kelak sering disebut MoU Helsinki, ditandatangani di Helsinki, Finlandia, pada 15 Agustus 2005. Perundingan damai itu dicetus Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Ia menunjuk Hamid Awaluddin sebagai koordinator perunding mewakili Pemerintah Indonesia. Sementara koordinator perunding GAM yaitu Malik Mahmud Al Haytar.

Dialog yang dimulai pada awal 2005 itu dimediasi oleh Martti Ahtisaari, mantan Presiden Finlandia. Ia memimpin lembaga Crisis Management Initiative.

Perjanjian Damai 2005 ini mengakhiri konflik antara Aceh dengan Jakarta selama hampir 30 tahun. Butir-butir kesepahaman ini kemudian dituangkan/diturunkan dalam UU No 11/2006 tentang Pemerintah Aceh.

Berikut kami menurunkan naskah Perjanjian Damai antara GAM dan RI.

1. MoU Helsinki dalam Bahasa Indonesia
2. MoU Helsinki dalam Bahasa Inggris
3. UU Pemerintahan Aceh

[Redaksi]

SIMILAR ARTICLES

  • http://anuek_pasee rimba_pasee

    kamoe selaku bangsa yang bermaruah /martabat
    tidak ada guna kita besatu sama indonesia jawa karena sekian bayak nya pembunuhan massa di acheh mereka kata tidak ada dimana kah letak nya meruah kita manusia yang ada otak dan pikiran /dimana letak nya martabat kita
    HAK ASASI MANUSIA dihapus kan oleh serdadu indonesia jawa yang tidak ada agama sama sekali di atas bumi /yang mereka kata negara indonesia negara islam merek saja islam pikiran nya lebih dari setan,tidak salah seperti kata mereka indonesia kuku besi(NEGARA INDONESIA NEGARA PKI SAH PKI)