Ini Alasan Partai Aceh Pilih Sekda Pidie

Ini Alasan Partai Aceh Pilih Sekda Pidie

by -
0 6

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sarjani Abdullah akhirnya mendaftaran diri sebagai calon bupati Pidie. Partai Aceh memilih Muhammad Iriawan yang masih menjabat sebagai sekretaris daerah Pidie sebagai pendamping Sarjani. Apa alasannya?

Anggota DPRK Pidie Suadi Sulaiman mengatakan, Partai Aceh memasang Sarjani Abdullah dengan Muhammad Iriawan sebagai calon kepala daerah di Pidie. Sore ini, mereka mendaftar sebagai kandidat di Komisi Independen Pemilihan.

Menurut Suadi, M. Iriawan dipilih partai karena yang bersangkutan telah berpengalaman di bidang pemerintahanan. “Sekda itu pegawai senior di Pidie. Jadi beliah PNS senior yang mengerti pemerintahan,” kata Suadi yang akrab disapa Adi Laweueng kepada acehkita.com, Ahad sore.

Adi menambahkan, Iriawan akan menjadi pendamping yang paham seluk-beluk pemerintahan dan proses pembangunan di kabupaten tersebut. Dan ini menjadi nilai lebih tersendiri saat mendampingi Sarjani.

“Beliau bisa diandalkan,” ujar Adi Laweueng.

Sore ini, Partai Aceh mendaftarkan Sarjani dan Iriawan sebagai bakal kandidat kepala daerah ke KIP Pidie. Sebelum mendaftar, pasangan ini terlebih dahulu melakukan konvoi bersama ribuan pendukungnya. Konvoi dimulai dari Keunire, Pidie, hingga mengitari Grong Grong, Reubee, Lamlo, dan Beureunuen.

Partai Aceh akhirnya mau mendaftar kandidatnya dalam pilkada setelah adanya putusan sela Mahkamah Konstitusi untuk kedua kalinya. Pada putusan sela pertama, 2 November 2011, partai bentukan pentolan Gerakan Aceh Merdeka ini masih ogah mendaftar karena menilai proses pilkada tak sesuai dengan Undang Undang Pemerintahan Aceh. []

SIMILAR ARTICLES