Saksi Irwandi berikan Kesaksian via Video Conference

Saksi Irwandi berikan Kesaksian via Video Conference

by -
6 5

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sekitar duapuluhan saksi memberikan keterangan untuk gugatan kubu pasangan calon gubernur Aceh Irwandi Yusuf –Muhyan Yunan di gedung Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Jumat (27/4), yang tengah disidangkan di Mahkamah Konstitusi di Jakarta. Mereka memberikan keterangan berdasarkan peristiwa yang mereka alami.

Para saksi mememberikan kesaksian mereka melalui fasilitas video conference yang dihubungkan langsung ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Sebelum memberikan keterangan sebagai saksi, mereka terlebih dahulu diambil sumpah agar memberikan kesaksian yang sebernarnya.

“Tim pemohon mendatangkan saksi dari Syiah Kuala, yang kesaksian dari Syiah Kuala akan kita dengar di sini,” kata Hakim Harjono yang memimpin proses persaksian.

Harjono kemudian mengabsen satu persatu saksi yang akan memberikan keterangan. Proses persaksian ini dimulai sekitar pukul 15.00 WIB.

Kuasa Hukum Irwandi, Sayuti Abubakar, meminta kepada hakim agar para saksi diperbolehkan memberikan kesaksian mengguanakan bahasa Aceh.

”Izin Yang Mulia, ini ada sebagian saksi yang kurang mampu memberikan keterangannya menggunakan bahasa Indonesia,” kata Sayuti.

Ketua Mahkamah Konstusi Mahfud MD yang memimpin sidang membolehkan mereka menggunakan bahasa Aceh. ”Anda punya yang mengerti bahasa Aceh?” tanya Mahfud MD. “Kalau punya ya boleh”.

Para saksi yang berasal dari Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Aceh Besar, Bireun, dan Aceh Utara itu mengatakan mereka mengalami pemukulan dan diintimidasi yang dilakukan oleh anggota Partai Aceh semenjak sebelum proses pilkada dimulai.

Ishak Munte, salah seorang saksi dari Subulussalam, mengatakan ia dilarang ikut sebagai timses Irwandi oleh kubu Partai Aceh. Ia mengalami pemukulan akibat tidak mengindahkan permintaan PA.

“Saya dilarang sebagai timses Irwandi,” kata Munte dalam kesaksiannya.

Ia menambakan kejadian yang menimpanya terjadi pada tanggal 4 Maret 2012 lalu. Ia dijemput oleh pelaku yang mengguanakan mobil Partai Aceh di rumahnya pada Minggu sore. Dalam kesaksianya, ia juga mengatakan kejadian yang menimpa dirinya itu sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. []

SIMILAR ARTICLES

  • http://f fauzi

    YANG MULIA ATA YANG DI PEGAH LEE AWAK IRWANDI DAN SAKSI NYAN SAKSI YANG DI JOK PENG DIYUE MENGAKU, MEUNAN CHIT AWAK DIYUJAK UNTUK IKOT KAMPANYOE JIPEUAP PENG, CONTOH LAGE NEK TAIB AWAK GAMPONG LON.TAPI GEUJAK IKOT KAMPANYOE TAPI WATE TOP TETAP GEUPILEH PA. ALAH HAI IRWANDI LEE THAT RUGOE MILYARAN JIROE PENG UNTUK NAK MEUNANG PILKADA NYOE MAKA JIEH DI MEUABEH PILKADA BEUULANG LOMM,….. HAA HAA HAAA IRWANDI KAJEUT TAUBAT… KAMOE UREUNG ACEH HAN KAMOE PEUMEUAH KRN AMANAH MOU ATA BANSA ACEH MEUSABOEH PIEH KAPEUJALAN.KAMOE RAKYAT ACEH KACARONG MEUPOLITIK, HANA PAYAH LEE KAPENGET BANSA ACEH.

  • putroe bansa

    nyoe keuh,yang raya sit ok,mnyo katalo ya talo manteng,bek beungeh2 mnyo na mtg prle d anggap syedara,ta peumakmu udep sesuai syari’at ka geuplung dum urg,yee that keu syurga.sang2 slamanyo ka ideng syariat islam.

  • http://apasih.com acehlongsayang

    gadoh gugat nyo gugat jeh… Atra cit katalo…

    Aceh kiban cara jino pike beu makmu nanggro, beeu ideng syariat islam…bek gadoh peugah beutoi dro sabe2

  • irfan.

    yg mulia d MK, pilkada d aceh btul2 tdk demokrasi. sperti d aceh utara tiap2 kota kcamatan baliho2 cagub dan cabup d rusak oleh kader laen pihak panwaslu tdk tegas pdhal jlas2 pelakunya. wktu pmugutan suara smua tps d pdalaman tdk ada panwaslu dan aparat yg ngepam dan saksi2 d srh pulang. yg ada ormas loreng partai yg ngepam dan intimidasi warga.

  • http://- Nat Riwat

    Jaminan Keselamatan Saksi (JKS) itu perlu dipikirkan secara serius, jika sedikit saja teledor, maka JKS teramncam, itu bukan hanya sebulan dua bulan disaat sidang berlansung saja, namum mungkin perlu dipikirkan JKS seumur hidup. jika tidak dilakukan, maka perlu kekhawatiran bagi kita semua. karena tak ada yang bisa menjamin kita aman2 saja, pengalaman baru saja dihadapi masyarakat, intinya keuntungan itu tidak hanya dirasakan oleh sebian orang saja, jika bisa lebih merata itu lebih baik, dan semoga Allah melindungi orang2 yang lemah. Amin[] salam,

  • Mr X

    Pihak kepolisian harus melindungi seluruh saksi, jika tdk, besar kemungkinan para saksi akan terancam nyawa dan keselamatan diri mereka dan keluarganya. Berhati-hatilah, KPA/PA akan menghalalkan sgala cara untuk menghilangkan para saksi.