Unida Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMA

Unida Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Siswa SMA

by -
0 1

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Universitas Iskandar Muda Banda Aceh akan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik tingkat dasar selama dua hari bagi siswa sekolah menengah atas dan mahasiswa.

Pelatihan yang akan digelar pada Jumat dan Sabtu (8-9 Februari 2013) itu akan menghadirkan pemateri dari kalangan jurnalis dan fotografer senior di Banda Aceh. Pelatihan diperuntukkan bagi siswa sekolah menengah atas dan sederajat di Banda Aceh dan Aceh Besar, selain mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unida, Universitas Syiah Kuala, dan Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry.

Pj Pembantu Rektor bidang Kemahasiswaan Unida Bustamam Ali menyebutkan, pelatihan jurnalistik dasar tersebut digelar sebagai bentuk untuk mengampanyekan dan menggalakkan menulis bagi siswa dan mahasiswa.

“Pelatihan ini untuk memperkenalkan ilmu jurnalistik dan tulis menulis kepada siswa dan mahasiswa agar memotivasi mereka dalam menekuni dunia tulis menulis,” kata Bustamam Ali di Banda Aceh, Kamis (31/1/2013).

Nantinya, Bustamam melanjutkan, para peserta akan dibekali dengan pengetahuan reportase, teknik menulis berita, fotografi, feature, dan pengenalan etika jurnalistik.

“Apalagi sekarang kan zamannya perkembangan jurnalisme warga (citizen journalism). Jadi, setiap orang bisa menulis sesuatu kejadian, bukan hanya wartawan,” sebut Bustamam.

Selain dibekali dengan teori, peserta pelatihan juga akan melakukan praktik lapangan. []

SIMILAR ARTICLES