21 Hektare Lahan Terbakar, Kabut Asap Selimuti Aceh Selatan

0
4371

TAPAKTUAN | ACEHKITA.COM – Sebanyak 21 hektare hutan dan lahan gambut terbakar di tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan. Akibat kebakaran itu, kabut asap tebal mulai mengganggu aktivitas warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan tiga kecamatan di Kabupaten Aceh Selatan itu, yaitu Kecamatan Bakongan, Tapaktuan, dan Kota Bahagia.

“Kebakaran mulai terjadi pada Jumat pagi, awalnya 10 hektare,” kata Ahmad Dadek, kepada wartawan, Sabtu, 9 Juni 2018.

Hingga Jumat malam, kata Dadek, kebakaran lahan di Aceh Selatan meluas mencapai 21 hektare. Tadi malam, kata Dadek, petugas masih berusaha memadamkan titik api.

“Wilayah Bakongan ada dua titik, yang satu jarak perkiraan 6 kilometer lahan gambut. Sampai saat ini belum tercapai ke lokasi karena akses jalan tikus dan semak,” kata Dadek.

Sementara di lokasi kedua, kata Dadek, seluas 6 hektare lahan perkebunan masyarakat terbakar sejak pagi menjelang siang.

“Akibat kebakaran tersebut, asap tebal sudah mengganggu aktivitas masyarakat. Selain mengganggu jarak pandang, juga berpotensi gangguan pernafasan,” kata Dadek.

21 hektare lahan di Aceh Selatan terbakar. ISTIMEWA/ACEHKITA.COM

Sebelas Titik Panas

Sementara, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Zakaria mengatakan dalam dua hari terakhir, hasil pantauan satelit, terdapat sebelas titik panas di Aceh.

Titik panas itu tersebar, yaitu satu titik di Kota Subulussalam, enam titik di Kabupaten Aceh Selatan, dua titik di Bireuen, satu di Pidie Jaya, dan satu titik di Aceh Jaya.

Zakaria mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar hutan saat membuka lahan. “Dalam membakar sampah juga harus selalu dijaga agar tidak terjadi kebakaran.”

“Sejak Maret lalu, Aceh sudah memasuki musim kemarau, curah hujan pun sudah berkurang dan suhu udara semakin meningkat,” kata Zakaria, kepada acehkita.com.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.