Connect with us

250 Personil WH Kawal Malam Pergantian Tahun di Banda Aceh

Aceh

250 Personil WH Kawal Malam Pergantian Tahun di Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 250 personil polisi syariah (Wilayatul Hisbah — WH) dikerahkan untuk mengawal malam pergantian tahun baru 2018 masehi di Kota Banda Aceh, Aceh. Mereka akan siaga di sejumlah titik yang ditengarai menjadi pusat perkumpulan warga.

Kasi Penegakan Perundang-undangan Peraturan dan Syariat Islam, Satpol PP WH Banda Aceh, Evendi A Latif mengatakan personilnya akan mulai bertugas sejak pukul 18:00 WIB, hingga menjelang pagi.

“Namun lebih fokus pengawalan sampai jam satu atau dua malam,” kata Evendi, Minggu 31 Desember 2017.

Sejumlah titik pengawalan di antaranya di Ulee Lheue, Blang Padang, Simpang lima, depan Masjid Raya Baiturrahman, Flyover Simpang Surabaya, Taman Sari, dan Darussalam. Hotel dan tempat penginapan juga akan dilakukan patroli.

Evendi menambahkan, bahwa tahun ini tidak ada larangan untuk warga nongkrong di warung kopi.

“Warga yang minum kopi di warung seperti biasanya tidak masalah. Namun kita kontrol juga agar tidak ada perayaan di sana. Pemilik warung kopi juga sudah kita peringatkan,” ujar Evendi.

Tahun ini, perayaan tahun baru dalam bentuk zikir dan doa pun dibolehkan. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melarang segala kegiatan ramai di malam pergantian tahun.

Sebagaimana diberitakan, Pemerintah Kota Banda Aceh mengeluarkan seruan dalam bentuk surat edaran guna melarang perayaan tahun baru. Dalam seruan tersebut, warga diminta tidak melakukan perayaan dengan pesta kembang api, mercon, petasan, dan meniup terompet atau sejenisnya. 

Larangan ini dilakukan sejak tahun 2013. Alasannya, karena tidak sesuai dengan budaya masyarakat Aceh dan syariat Islam yang berlaku di Aceh.

Pemerintah Aceh mengesahkan hukum pidana Islam pada tahun 2014 dalam Qanun Jinayah. Sejak itu pula, cambuk mulai diberlakukan terhadap para pelaku khalwat (mesum), khamar (alkohol), dan maisir (perjudian).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top