Connect with us

393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Aceh

Ilustrasi Jemaah Haji. (Foto: Dok. ACEHKITA.COM)

Warta Haji

393 Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba di Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Sebanyak 393 jemaah haji asal Pidie yang tergabung dalam kloter pertama (BTJ 01) tiba di Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Sabtu (15/9) pukul 00.23 WIB.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Aceh, M Daud Pakeh selaku Ketua PPIH Debarkasi Aceh saat menyambut ketibaan jemaah kloter pertama di Bandara SIM mengatakan jemaah tersebut pulang secara utuh sebanyak jumlah keberangkatan.

“Alhamdulillah, selamat datang kembali jemaah haji di tanah air, jemaah kloter pertama mendarat dengan selamat di Aceh, jemaah yang berangkat pada kloter ini 393 orang dan yang pulang juga demikian, semoga semua mendapat haji yang mabrur,” ujar Daud Pakeh.

Kakanwil juga mengungkapkan rasa syukur dimana semua jemaah dapat menjalani proses pelaksanaan rukun ibadah haji, dan kini jemaah dapat kembali ke keluarganya.

“Kondisi jemaah dalam keadaan sehat wal afiat, meski dua orang sempat dirawat di Rumah Sakit di Madinah, tapi juga telah kembali pulih dan dapat pulang bersama kloternya,” sebutnya.

“Kita berharap semua proses pemulangan jemaah haji Aceh dari kloter pertama hingga kloter akhir dapat berjalan dengan lancar dan sesuai jadwal,” tambah Daud.

Dilansir laman resmi Kemenag Aceh, jumlah jemaah yang diberangkatkan dari Embarkasi Haji Aceh pada tahun ini sebanyak 4.463 JCH yang terbagi dalam 12 kloter termasuk Petugas TPHI, TPIHI, TKHI dan 19 jemaah yang mutasi masuk dari provinsi luar Aceh.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 jemaah meninggal dunia di Mekah dan Madinah. Jumlah jemaah haji Aceh yang masih berada di Arab Saudi setelah pulangnya kloter pertama pada malam ini seluruhnya berjumlah 4.450 orang.

Penyambutan jemaah haji di Bandara SIM itu juga dihadiri Kepala Biro Isra Pemerintah Aceh, Wakil Bupati Pidie, Kabag TU Kanwil Kemenag Aceh dan sejumlah pejabat instansi lintas sektoral.[]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Warta Haji

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

Kuliner

Facebook

To Top