Connect with us

9.740 Hektare Hutan Aceh Menyusut

Aceh

9.740 Hektare Hutan Aceh Menyusut

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Alih fungsi lahan yang marak terjadi dalam pembangunan menyebabkan hutan Aceh menyusut mencapai 9.740 hektare.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh Muhammad Nur menyebutkan, potensi penyusutan hutan Aceh itu akibat adanya sejumlah pembangunan sarana infrastruktur seperti proyek waduk Keureuto, Aceh Utara, pembukaan lahan wisata Iboih, Sabang, pembangunan pabrik semen di Aceh Tamiang, pembangunan ruas jalan baru, serta kasus illegal logging.

“Ini adalah data rekaman yang kami ambil dari luas lahan pembangunan sejumlah proyek oleh pemerintah,” kata Muhammad Nur dalam konferensi pers akhir tahun Walhi di Banda Aceh, Rabu (16/12/2015).

Pada 2015, pemerintah membangun waduk Krueng Keureuto di atas lahan seluas 1.400 hektare, lokasi wisata Iboih 191,13 hektare, pembangunan pabrik semen di Aceh Tamiang di atas lahan seluas 2.150 hektare, dan pembukaan ruas jalan baru yang membelah hutan.

“Jadi data penyusutan itu kita lihat kasus per kasus,” lanjut Muhammad Nur.

Selain faktor di atas, penyusutan areal hutan juga diakibatkan maraknya illegal logging dan pembukaan lahan untuk perkebunan –baik oleh perusahaan maupun masyarakat. []

FOTO: ZM/ACEHKITA.COM

Continue Reading
Baca juga...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: 9.740 Hektare Hutan Aceh Menyusut | baranewsaceh.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top