Connect with us

Aceh Berkabung, Abuya Djamaluddin Waly Wafat

Aceh

Aceh Berkabung, Abuya Djamaluddin Waly Wafat

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Aceh kembali berduka. Dalam dua hari terakhir, dua ulama kharismatik Aceh wafat. Jumat dinihari tadi, Abuya Teungku Djamaluddin Waly wafat, setelah kemarin pagi, Teungku Haji Mukhtar Luthfi atau Abon Seulimum dipanggil Yang Mahakuasa. 

Teungku Djamaluddin Waly merupakan pimpinan Dayah Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan. Ia dipanggil Yang Mahakuasa setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Blang Pidie, Aceh Barat Daya.

Kabar duka ini beredar cepat di kalangan warga. acehkita.com mendapati kabar ini pertama sekali di grup Alumni Dayah Jeumala Amal. Mantan Walikota Sabang Munawar Liza Zainal mengenang, Abuya Djamaluddin Waly sebagai sosok yang hangat dan ramah. 

“Beliau sering memimpin majelis zikir di Sabang ketika kami di sana,” tulis Munawar Liza di laman Facebooknya.

Abuya Djamaluddin Waly dikenal sebagai ulama, tokoh pendidik, pemimpin majelis zikir, dan sastrawan. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD Aceh sejak 1968 hingga 1987 dan anggota DPR RI dari kurun waktu 1987 hingga 1999.

Abuya Djamaluddin Waly mengasuh dayah sejak 7 Maret 2012, sepeninggal sang abang Abuya Muhibbuddin Waly. Dayah legendaris Labuhan Haji (Darussalam) merupakan salah satu lembaga pendidikan agama terkenal di Aceh, yang melahirkan tokoh dan ulama di Aceh dan Sumatera. Ia didirikan oleh Abuya Muda Waly Al Khalidy sejak zaman perang kemerdekaan Indonesia. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top