Aceh Diguncang Gempa 5,3 Skala Richter

0
1297
Siswa menyelamatkan diri di atas gedung tsunami yang berfungsi sebagai gedung penyelamat saat simulasi gempa dan tsunami di Banda Aceh Adi warsidi

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Aceh pada pukul 16:52 WIB, Kamis, 8 Februari. Gempa berpusat di 26 kilometer timur laut Kabupaten Aceh Barat dan berkedalaman 10 kilometer ini bahkan dirasakan oleh warga Banda Aceh.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di websitenya menyebut lokasi gempa berada di 4.66 LU 96.27 BT. Meski tidak menimbulkan tsunami, gempa cukup kuat terasa.

“Saya sedang tidur ketika gempa terjadi. Tiba-tiba terasa bergoyang, dan langsung terbangun,” kata Muhammad, warga Banda Aceh.

Meski begitu, belum ada laporan kerusakan akibat gempa. Usai gempa besar 2004 lalu yang menimbulkan gelombang tsunami, wilayah Aceh semakin sering dilanda gempa bumi berkekuatan sedang dan besar.

Hal tersebut terjadi karena Aceh di ujung Pulu Sumatera berada persis di sudut Cincin Api Asia Fasifik, istilah untuk wilayah daerah lingkar gempa paling aktif di dunia.

Memasuki tahun 2018 saja, gempa bumi sudah beberapa kali terjadi dengan kekuatan berbeda.

Gempa besar di Aceh terakhir terjadi pada 7 Desember 2016 berkekuatan 6,5 Skala Richter. Akibat gempa tersebut ratusan orang tewas di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Bireuen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.