Connect with us

Aceh Dua Kali Diguncang Gempa

Aceh

Aceh Dua Kali Diguncang Gempa

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak dua kali gempa bumi di waktu dan tempat berbeda dilaporkan mengguncang wilayah Provinsi Aceh pada hari ini, Jumat, 2 Maret 2018. Gempa pertama terjadi di darat di Kabupaten Aceh Tenggara dan kedua di perairan laut Kabupaten Aceh Jaya.

Situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa pertama terjadi di Kabupaten Aceh Tenggara sekira pukul 16:13 WIB, dengan kekuatan 4,4 Skala Richter.

Lokasi gempa dilaporkan berada persis di wilayah Kota Kutacane (3.42 LU dan (97.83 BT) dengan kedalaman 113 kilometer.

Gempa kedua terjadi pada Jumat malam sekira pukul 19:19 WIB, berpusat di laut, 96 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya (4.53 LU dan (94.82 BT). Gempa berkedalaman 10 kilometer tersebut berkekuatan 4,3 Skala Richter.

Hingga Jumat malam belum ada laporan timbulnya kerusakan akibat kedua gempa. Di Kota Banda Aceh, sebagian warga juga mengaku tidak merasakan kedua gempa itu.

“Gempa ini diakibatkan oleh aktivitas di zona lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia,” kata Kepala BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan dalam rilis yang diterima acehkita.com.

Aceh yang berada di ujung Pulau Sumatera berada persis di sudut Cincin Api Asia Fasifik, istilah untuk wilayah daerah lingkar gempa paling aktif di dunia. Sehingga, gempa besar dan kecil sering terjadi di daerah yang pernah dilanda gempa dan tsunami pada tahun 2004 tersebut. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

Advertisement

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

cermin

Kolom

Cermin

By Nov 22, 2017

Kuliner

Facebook

CREW AK

To Top