Connect with us

Arab Saudi Santuni Korban Tragedi Crane

Aceh

Arab Saudi Santuni Korban Tragedi Crane

[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]

Suasana di dalam Masjidil Haram setelah crane jatuh, Jumat petang (11/9/2015). FOTO dari Twitter

Suasana di dalam Masjidil Haram setelah crane jatuh, Jumat petang (11/9/2015). FOTO dari Twitter

RIYADH | ACEHKITA.COM — Kerajaan Arab Saudi memberikan santunan bagi korban tragedi jatuhnya crane di Masjidil Haram 12 September lalu.

Seperti dikutip dari alriyadh.com, Raja Salman bin Abdul Aziz menyatakan Arab Saudi akan bertanggungjawab terhadap peristiwa jatuhnya crane. Arab Saudi juga menyatakan duka yang mendalam bagi jemaah yang menjadi korban crane itu.

Hari ini, Raja Salman mengeluarkan delapan instruksi mengenai sikap Kerajaan terhadap peristiwa Crane itu.

Dalam pernyataan resminya, Raja Salman menyatakan, Arab Saudi akan memberikan santunan senilai 1 juta Riyal atau setara dengan Rp3,8 miliar untuk korban meninggal dan cacat seumur hidup. Sedangkan korban yang tidak meninggal atau cacat akan memperoleh santunan sebesar 500 ribu Riyal.

“Bagi korban yang meninggal, maka dua orang keluarga akan dihajikan sebagai tamu kehormatan pada tahun 1437 H,” ujar Raja Salman, Rabu (16/9/2015).

Selain itu, jemaah haji korban crane yang tidak bisa melanjutkan rukun haji tahun ini, Arab Saudi juga akan memprioritaskan mereka sebagai jemaah haji tamu kerajaan pada tahun depan.

“Kami juga memberikan visa tambahan bagi korban yang masih sakit hingga sembuh dan pulang ke negaranya,” sebut Raja Salman.

Raja Salman juga akan membentuk tim investigasi terhadap perusahaan Bin Laden Corps, kontraktor perluasan Masjidil Haram. Perusahaan milik keluarga Usamah bin Laden itu juga dikenakan sanksi dan mencabut izin kerja untuk proyek lain di masa yang akan datang.

Crane jatuh pada saat jemaah tengah melaksanakan ibadah salat Magrib, 12 September pekan lalu. Sedikitnya 107 jemaah meninggal dan ratusan lainnya mengalami cedera.

Jemaah Indonesia yang meninggal dalam tragedi itu berjumlah 11 orang dan puluhan lainnya cedera. [][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top