Atasi Krisis ListrikAceh Jajaki Kerjasama dengan China - ACEHKITA.COM
Connect with us

Atasi Krisis Listrik
Aceh Jajaki Kerjasama dengan China

Berita

Atasi Krisis Listrik
Aceh Jajaki Kerjasama dengan China

BANDA ACEH, acehkita.com. Kunjungan Duta Besar Republik Rakyat China Zhang Qiyue ke Aceh, Senin (16/3), digunakan Gubernur Irwandi Yusuf untuk menjajaki kerjasama di bidang energi. Apalagi Aceh mengalami krisis listrik.

Gubernur Irwandi menyebutkan, kerjasama jangka panjang di bidang kelistrikan ini masih dalam penjajakan. Investor China menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal untuk membangun bendungan Jambo Aye, Aceh Utara senilai Rp 4,7 trilyun. Pemerintah Aceh masih menunggu persetujuan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Di samping membahas masalah investasi tersebut, pertemuan juga membahas kerjasama di bidang pendidikan dalam bentuk training bagi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Aceh dengan SDM di China, termasuk pertukaran guru, kursus singkat bagi pegawai negeri sipil dan juga pelatihan bahasa China.

Zhang Qiyue mengadakan kunjungan ke Aceh selama dua hari. Dia juga sempat mengunjungi museum Aceh dan melihat-lihat kondisi pembangunan pascatsunami di Aceh. [Adi Warsidi]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top