Connect with us

Benarkah Pokemon Artinya ‘Aku Yahudi’?

Teknologi

Benarkah Pokemon Artinya ‘Aku Yahudi’?

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Game Pokemon Go tengah naik daun. Sejak dirilis awal bulan ini, Pokemon Go langsung menyita perhatian warga dunia, termasuk di Indonesia.

Pokemon Go merupakan game buatan Nintendo yang berbasis teknologi Augmented Reality (AR). Dalam memainkannya, ia mengandalkan kemampuan GPS dan kamera ponsel.

Di Indonesia, Pokemon Go belum dirilis secara resmi. Namun demam Pokemon Go sudah menjangkiti gamer di negara ini hingga ke pelosok desa sekalipun. Kehebohan game besutan perusahaan Jepang itu pun dimanfaatkan orang untuk menebar isu terkait agama tertentu.

Di dunia maya, media sosial, bersilewaran informasi yang menyebutkan bahwa Pokemon berarti “Aku Yahudi”. Menurut informasi yang menjadi viral itu, Pokemon berasal dari bahasa Syriac atau bahasa Suryani. Begitu pula dengan arti Pikachu, salah satu karakter monster yang harus diburu di Pokemon Go. Pikachu disebut berarti “Jadilah Yahudi”. Lalu karakter Charmender berarti “Tuhan itu Lemah”.

Banyak yang percaya dengan informasi ini. Bahkan, Walikota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal, seperti dilansir mediaaceh.co, melarang warga kotanya untuk memainkan game Pokemon Go ini, haram karena artinya “Aku Yahudi”.

Pokemon merupakan waralaba dari negeri Jepang. Ia kependekan dari pocket monsters, dalam bahasa Jepang dinamakan Poketto Monsuta. Dinamakan Pocket Monsters, karena ia bisa dimasukkan dalam Pocket Ball atau saku.

Sementara karakter monster yang ada dalam game ini juga mengadopsi dari bahasa Jepang.

Seorang netizen memberikan arti dari sejumlah karakter yang ada dalam Pokemon Go. Pikachu asalnya dari kata ‘pika’ (suara listrik dalam bahasa Jepang) dan ‘chuu’ (tikus)

Charmander (ini yang benar, bukan charmender), nama asli Jepangnya ‘hitokage’, dari kata hito (orang) dan ‘tokage’ (kadal). Lalu ia dialihbahasakan ke Inggris menjadi Charmander, dari kata ‘Char’ (arang), ‘man’ (orang), dan ‘salamander’ (kadal) karena mereka didesain dengan bentuk kadal berdiri dengan dua kaki.

Wikipedia menyebutkan Pokémon (????) adalah salah satu waralaba media yang dimiliki oleh perusahaan permainan video Nintendo dan diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada 1995. Pada mulanya, Pokémon adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy”.

Los Angeles Times pada 24 April 2001 lalu menurunkan artikel mengenai Pokemon yang meresahkan umat Islam, terutama yang mendiami Timur Tengah seperti di Qatar, Dubai, Oman hingga Mesir.

Masih menurut LA Times, Mohammed Abu Laila, profesor dari Al Azhar University menyebut jika hingga saat itu tak ada bukti kuat yang membenarkan rumor Pokemon berarti “Aku Yahudi”. []

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Di Aceh Nggak Ada Pokemon, yang Ada… – ACEHKITA.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

To Top