Berduka Suporter Persija Tewas, #RIPHaringga Ramai di Twitter

0
1438
Berduka Suporter Persija Tewas, #RIPHaringga Ramai di Twitter
Foto: Panditfootball

BANDUNG | ACEHKITA.COM — Suporter Persija, Haringga Sirilla, tewas dikeroyok sejumlah oknum Bobotoh atau pendukung Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Ahad (23/9). Ucapan belasungkawa warganet lewat tagar #RIPHaringga mengalir deras di Twitter.

Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija 3-2 pada sore tadi dalam lanjutan Liga 1 2018. Kemenangan Maung Bandung itu tercoreng oleh tindakan anarkis Bobotoh.

Seperti dilansir Detik.com, sebelum laga bergulir, Bobotoh melakukan pengeroyokan ke seorang The Jakmania di sekitaran area stadion. Akibat tindakan itu, pria yang diketahui bernama Haringga Sirila tewas di tempat dalam keadaan bersimbah darah.

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade, sangat geram dengan kejadian itu. Dia bahkan kecewa karena The Jakmania yang ketahuan datang ke stadion tidak dilindungi.

Gede menjelaskan bahwa pada putaran pertama saat Persija menjamu Persib di Stadion PTIK, Jakarta, pihaknya mampu melindungi Bobotoh.

Sekretaris Jenderal Jakmania, Diky Budy Ramadhan, juga membenarkan bahwa korban tewas yang dikeroyok di GBLA adalah pihak dari Jakmania. Pihaknya kini sedang bertugas untuk mengurus jenazah.

“Betul itu anggota The Jakmania. Kami akan mengurus jenazahnya dahulu sampai dimakamkan, baru akan ada pernyataan resmi. Kami tak tahu almarhum jalan sama siapa. Yang jelas kami sudah menerima laporan dari pihak kepolisian,” ungkap Diky.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil sangat berduka cita dan menyesalkan atas insiden tersebut.

Melalui akun Instagramnya pada Minggu (23/9/2018) malam, Ridwan Kamil mengunggah foto latar hitam yang bertuliskan Turut Berduka Cita. Postingannya itu dilengkapi caption kabar tewasnya Haringga Sirilla.

“Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang,” tulis pria yang akrab disapa Emil tersebut.

Emil kecewa dengan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menewaskan Haringga. Ia meminta maaf kepada pihak keluarga dan The Jak Persija.

Dia meminta polisi menindak tegas oknum Bobotoh yang mengeroyok Haringga. “Saya sudah minta kepolisian untuk menangkap dan menghukum seberat-beratnya kepada oknum biadab yang terlibat. 5 tersangka sudah ditangkap dan ditahan di Polrestabes Bandung,” kata pria berkacamata ini.

Dia berharap insiden ini menjadi pelajaran untuk semua pihak. Tidak perlu lagi melakukan fanatisme berlebihan apalagi sampai menyakit orang lain hingga tewas.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.