Tuesday, April 23, 2024
spot_img

Amankan Pilkada, Polisi Kerahkan 9.600 Personel

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah, suhu politik di Aceh semakin memanas. Untuk mengamankan pesta demokrasi, polisi akan mengerahkan 9.600-an personel.

“Kita akan menurunkan 2/3 dari total jumlah kekuatan polisi,” kata Kepala Polisi Aceh Inspektur Jenderal Iskandar Hasan pada konferensi pers usai pertemuan Muspida Plus di kantor Gubernur Jumat sore.

Di Aceh, total personel polisi berjumlah 14.500-an orang.

Selain menurunkan 2/3 personelnya, polisi juga akan dibantu oleh 2.000an personel TNI dan 20 ribu anggota Kesatuan Perlindungan Masyarakat (Linmas/hansip). Kekuatan ini dikerahkan untuk mengamankan kantor Komisi Independen Pemilihan, tempat pemungutan suara, prosesi pemungutan suara, kampanye, hingga pengamanan terhadap para kandidat.

“Kalau masih kurang bisa minta ke Sumut (Sumatera Utara) atau Mabes Polri (Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia),” lanjut Iskandar Hasan.

Menurut Kapolda, menjelang pelaksanaan Pilkada kondisi keamanan di Aceh relatif stabil, meski ada beberapa kasus pembakaran rumah dan kantor partai, serta penembakan mobil anggota DPR Kabupaten Aceh Timur dan mobil milik Bupati Bener Meriah Tagore Abubakar.

“Sejauh ini keamanan cukup kondusif. Tidak ada yang terkait dengan politik. Yang ada indikasi politik, pembakaran rumah Gubernur Irwandi di Lamteuba, serta pengrusakan kantor partai di Bireuen dan Aceh Tengah,” ujarnya. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU