Google+

Berita

Boncengan Motor, Perempuan Dilarang Duduk Ngangkang

Oleh: MS - 02/01/2013 - 15:55 WIB

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya berencana mengeluarkan peraturan yang melarang perempuan duduk mengangkang saat dibonceng di atas sepeda motor. Kebijakan itu akan segera disosialisasikan kepada masyarakat Lhokseumawe pekan depan.

Kebijakan ini diwacanakan oleh Walikota Suaidi Yahya saat ceramah menyambut tahun baru 2013 di Lhokseumawe. Menurut Walikota, kebijakan ini sebagai bentuk pihaknya ingin melestarikan budaya di dalam masyarakat yang terancam hilang.

Dalam memberlakukan kebijakan ini, kata Suaidi, Pemerintah Kota Lhokseumawe akan berkonsulatsi dengan pelbagai kalangan, termasuk ulama. Dalam beberapa pekan ke depan, pihaknya akan mensosialisasikan wacana larangan mengangkang saat dibonceng ini kepada masyarakat luas.

Selain larangan duduk ngangkang, ujar Walikota, saat dibonceng di atas motor perempuan di Lhokseumawe juga akan dilarang mengenakan celana jenis jeans.

“Sebenarnya dalam Islam, perempuan dilarang memakai jeans,” kata Walikota Suaidi Yahya, Rabu (2/1/2013).

Guru Besar Ilmu Fiqih Fakultas Syariah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh Al Yasa Abubakar menyebutkan, dalam Islam tidak ada aturan perempuan harus memamai rok dan lelaki memakai celana.

“Tidak ada aturannya itu, kecuali memakai ketat dan membentuk lekuk tubuh,” ujar Al Yasa.

Wacana Walikota Lhokseumawe ini mendapat tentangan dari mahasiswa Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Aturan itu, kata Nanda, tidak mengikuti perkembangan zaman. “Kalau dulu perempuan jarang berkendara sepeda motor. Tapi ini kan zaman modern,” ujar Nanda.

Menurut Nanda, duduk menyamping saat berboncengan sepeda motor itu bisa mengancam keselamatan para pengendara. “Kalau mau menerapkan syariat Islam, sebaiknya jangan urusan perempuan duduk sepeda motor yang diatur,” sebutnya. []

-----

Akses ACEHKITA.COM versi mobile melalui telepon selular, iPhone, BlackBerry, Android, dan tablet Anda di alamat: m.acehkita.com


Share on Tumblr

Slashdot! Netscape! Blinklist! Ma.gnolia! Squidoo! SphereIt! SpURL
  • FADHLY

    Pak Wali Kota, anda langjutkan…anda telah berjuang pada Jalan Allah…Pertahankan dengan apa yang anda perjuangkan untuk memperbaiki umat..Soal keselamatan biar Allah yang ngatur…Bila seseorang telah sampai AJALnya tidak seorang pun yang bisa menolong@..Seperti dalam surat yang bunyi ( Izaja Ajaluhum………)

  • willi saputra

    Kalau mau menegakkan syariat islam jangan tanggung2,sekalian tutup smua bank yang di aceh karna tu smua berbunga n mengundang haram kepada msyarakat,itu pak walikota lhokseumawe ada dalam alquran(bunga bank haram) jangan masalah yg ??ª?>:/ penting yg bapak urus n juga sebagai pemimpin jikalau ada rakyat nya kelaparan dan bapak tidak. Menghiraukan nya maka bapak akan bertanggung jawab kelak di sisi ?Allahswt ingat !!!

  • willi saputra

    Kalau mau menegakkan syariat islam jangan tanggung2,sekalian tutup smua bank yang di aceh karna tu smua berbunga n mengundang haram kepada msyarakat,itu pak walikota lhokseumawe ada dalam alquran(bunga bank haram) jangan masalah yg ??ª?>:/ penting yg bapak urus n juga sebagai pemimpin jikalau ada rakyat nya kelaparan dan bapak tidak. Menghiraukan nya maka bapak akan bertanggung jawab kelak di sisi ??????? swt ingat !!!

  • puji

    aduh u,urus korupsi dulu,urus daerah u udh bener pa blom..u terlalu fanatik licik ndak masuk akal.ngangkang ndak boleh ngongkong boleh dong!jgn ikut2an ma yg di arab mrka pake yg tertutup krn panas cin……..

  • Pingback: Perempuan Dilarang duduk ngangkang saat berboncengan Sepeda Motor | Aceh Selatan News

  • Chinta Cut Haiva

    Bek le that aturan Pemerintah Kota Lhokseumawe,yg wajar2 saja lah. Islam itu tidak sulit dan Tidak Rumit<jd jgn mmanusia-a membuat atur2an aneh2. Urus saja Kolusi,Korupsi,jgn asyik mengurus org2 yg Tdk bersalah dan memcari2 kesalahan org lain / Masyarakat kecil. kalo mau di dukung cari dan buat lah yg menguntungkan Rakyat Banyak bukan buat Perorangan ato Pribadi.

  • teuku arief

    sebaiknya bapak walikota yang terhormat belajar dulu tentang tata cara berkendara yang selamat jangan asal membuat pelaturan, islam adalah agama rahmatallialamin bukan agama yang membinasakan umatnya,,,bek peugot pelaturan peubangai rakyat.

  • Sakimili

    TOLOL..!

  • ureung adam

    walikota nya cerdas sekali, oh iya pak dalam islam juga tidak boleh pemimpin membiarkan rakyatny hidup miskin, kelaparan minta-minta dijalan dan warung, tidak boleh juga anak yatim ditelantarkan dan yang apling tidak boleh itu KORUPSI, mengambil yg bukan haknya seperti, terima upeti, suap, uang terimakasih, komisi, jatah, persenan dll itu dalam islam loh pak, saya yakin kalo bapak mengamalkan apa yang ada di dalam Islam seluruh masyarakat Lhoksemawe akan bangga dan mendukung. bahkan jadi presiden pun kami dukung.