Friday, April 19, 2024
spot_img

Dinilai Curang, Tujuh Partai Tolak Hasil Pemilu Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Tujuh partai politik di menyatakan penolakan mereka terhadap hasil pemilihan umum legislatif di Aceh. Partai politik tersebut menilai penyelenggaraan pemilu sarat dengan pelanggaran dan kecurangan.

Tujuh partai politik yang menolak hasil pemilu tersebut adalah Partai Amanat Nasional, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Damai Aceh, dan partai Bulan Bintang. Para ketua dan sekretaris partai politik tersebut membubuhkan tanda tangan penolakan dalam sebuah pernyataan yang disampaikan ke publik.

“Setelah mengamati, memantau, dan mengikuti proses dan tahapan pelaksanaaan di seluruh Aceh, patut diduga telah terjadi pelanggaran dalam penyelenggaran pemilu secara terorganisir, massif, dan sistematis,” ujar Sekretaris PAN Aceh Tarmidinsyah Abubakar kepada wartawan di luar ruangan rapat pleno penghitungan suara, Kamis (24/4/2014).

Mereka juga menilai pelaksanaan pemilu di Aceh tidak berlangsung netral dan jujur. “Kecurangan dan pelanggaran tersebut dilakukan oleh penyelenggara dan pengawas untuk kepentingan parpol tertentu,” sebut Tarmidinsyah.

Tujuh partai politik itu juga meminta agar penyelenggara dan pengawas pemilu yang tidak netral untuk diusut dan ditindak sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Parpol dan caleg yang curang harus didiskualifikasi dan dibatalkan sebagai caleg terpilih,” kata politikus PAN tersebut.

Partai juga meminta agar rapat pleno KIP Aceh yang tengah berlangsung di gedung DPRA sejak Selasa lalu dihentikan.

Sebelumnya, Partai Nasional Aceh juga menyatakan menolak hasil pemilu di sejumlah kabupaten/kota di Aceh. PNA beralasan, proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung curang. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU