Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Empat Pelabuhan Barat – Selatan Akan Ditingkatkan

Empat pelabuhan di bagian barat dan selatan Aceh akan ditingkatkan. Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana Rp16 miliar lebih melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2014.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Humas Pemerintah Aceh, Murthalamuddin. Menurutnya, keempat pelabuhan itu akan dibangun dengan dana dari provinsi. “Ini sebagai upaya Pemerintah Aceh dalam membangun kawasan barat – selatan. Kita berharap peningkatan pelabuhan-pelabuhan di sana nantinya bisa berdampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Murthala merincikan, keempat proyek peningkatan pelabuhan itu adalah: peningkatan pelabuhan penyeberangan di Singkil, pembangunan sisi darat pelabuhan penyeberangan Kuala Bubon, pembangunan sisi darat pelabuhan Meulaboh, dan pembangunan pelabuhan Susoh di Teluk Surin.

“Untuk Pelabuhan Singkil dianggarkan Rp1,5 miliar, pelabuhan Kuala Bubon dan Meulaboh Rp3,2 miliar. Yang besar itu untuk pembangunan pelabuhan Susoh di Teluk Surin, Pemerintah Aceh telah mengangarkan dana sebesar Rp11,359 miliar,” jelas Murthala.

Selain itu kata Murthala, pembangunan Pelabuhan Susoh akan dilakukan secara terintegrasi dengan kawasan industri di sana. Pada Februari 2013 lalu Wakil Gubernur Muzakkir Manaf berjanji di sana untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan tersebut. “Anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan kapasifat pelabuhan itu merupakan wujud dari pemenuhan janji itu,” lanjut Murthala.

Peningkatan kapasitas pelabuhan itu diharapkan bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Apa lagi selama ini sebagain warga bergantung hidup dengan menjadi buruh di pelabuhan tersebut.

“Lebih dari itu, Pemerintah Aceh menginginkan peningkatan pelabuhan Susoh bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Apa lagi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sudah melakukan sudi kelayakan untuk pengembangan Pelabuhan Susoh di teluk Surin dan kawasan industri terpadu di sekitarnya, ” pungkasnya.[adv]

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU