Google+

Berita

Gubernur Terpilih Siap Dilantik

Oleh: REL - 17/04/2012 - 23:06 WIB

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Menyusul telah ditetapkannya hasil pemenang Pilkada Aceh untuk calon gubernur dan wakil gubernur pada hari ini (17/4), KIP Aceh sudah berancang-ancang melaksanakan tahapan lain yang tidak kalah penting yaitu pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Saat ini KIP tinggal menunggu informasi dari Mahkamah Konstitusi apakah ada guguatan hasil Pilkada atau tidak,” ujar Komisioner KIP Yarwin Adi Dharma, di sela-sela rapat pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi, di Gedung DPRA, hari ini (17/4), seperti dilansir www.kip-acehprov.go.id.

Menurut Yarwin, dalam masa selama tiga hari sejak penetapan pemenang Pilkada, pasangan calon gubernur/wakil gubernur yang merasa dirugikan atau menemukan kecurangan-kecurangan Pilkada secara aturan dapat melakukan gugatan hasil Pilkada kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Lewat dari tiga hari, jelas Yarwin, dianggap kadaluwarsa.

“Jika dalam masa tiga hari tidak ada guguatan yang masuk ke KIP, maka KIP Aceh tinggal bersiap-siap menyelenggarakan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih lebih kurang dua minggu berikutnya,” papar Yarwin.

Sebagai mana diketahui, berdasarkan Keputusan KIP Aceh Nomor 31 tahun 2012 tentang Perubahan Kelima atas Keputusan KIP Aceh Nomor 1 Tahun 2011 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota apabila terjadi Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) dalam Pikada gubernur, maka gugatan itu disampaikan kepada MK antara tanggal 18-20 April 2012, sedangkan penyelesaiannya dilakukan antara 21 April sampai 4 Mei 2012.

Namun apabila tidak ada gugatan PHPU ke MK, KIP Aceh sudah harus menyampaikan hasil pemilu gubernur/wakil gubernur Aceh kepada DPR RI, Presiden, Gubernur dan DPRA selambat-lambatnya tanggal 28 April 2012. Selanjutnya permerintah pusat, yang biasanya melalui menteri dalam negeri, melantik gubernur/wakil gubernur baru. []

-----

Akses ACEHKITA.COM versi mobile melalui telepon selular, iPhone, BlackBerry, Android, dan tablet Anda di alamat: m.acehkita.com


Share on Tumblr

Slashdot! Netscape! Blinklist! Ma.gnolia! Squidoo! SphereIt! SpURL
  • zuljalali ikram

    kenapa harus mesti dua minggu pelantikan gebernu aceh.