Thursday, April 25, 2024
spot_img

Gubernur Upayakan Tanah PT Arun Dihibahkan ke Masyarakat

Gubernur Aceh Zaini Abdullah terus mengupayakan agar lahan bekas PT Arun di Ujong Pancu direrahkan kembali (hibah) kepada masyarakat setempat.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Aceh adalah meminta bantuan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan. Malah Gubernur Zaini Abdullah telah menyerahkan satu map berisi surat hibah tanah milik PT Arun tersebut, Jumat, 28 Maret 2014 ketika melakukan pertemuan di Meuligoe Aceh. “Tanah tersebut kita minta dihibahkan karena saat ini tidak lagi dipakai seiiring menurunya pengelolaan gas,” kata Zaini pada Dahlan Iskan.

Jika permohonan ini disepakati kementerian keuangan RI, tanah tersebut akan diserahkan kembali kepada 542 KK warga eks Gampong Blang Lancang. “Dulunya tanah itu milik mereka, pada saat pembangunan kilang PT Arun tahun 1970-an, mereka direlokasi ke tempat lain dengan pembayaran yang pas-pasan,” tutur Gubernur

Dijelaskannya, pihak pertaminan sebagai pemilik sudah menyetujui dan juga telah mengirim surat kepada Menteri BUMN pada tanggal 7 september 2010 silam, perihal permohonan persetujuan atau hibah tanah dimaksud.

Selain itu, Pemerintah Aceh juga telah memohon kepada menteri BUMN agar membantu supaya sebagian asset PT. Tusan Hutan Lestasi (THL), milik PT Alas Helau dan inhutani IV, diberikan kepada pemerintah Aceh sebab menurut informasi yang berkembang, asset tersebut akan dijual.

Dahlan Iskan mengatakan siap membantu. Ia mengaku tidak keberatan apabila tanah milik PT. Pertamina tsb dihibahkan. “Namun asset milik negera kewenangan Menteri keuangan, maka saya siap memfasilitasi Gubernur bertemu dengan Menteri keuangan,” pungkasnya. [adv]

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU