Friday, March 29, 2024
spot_img

Harga Kambing Qurban di Banda Aceh Naik

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga kambing untuk qurban di Banda Aceh mengalami kenaikan sebesar Rp200.000 untuk setiap ekornya. Harga tersebut sudah meroket sejak beberapa pekan terakhir.

Agus Setyadi/ACEHKITA.COM
Pantauan acehkita.com di lokasi penjualan kambing di Ulee Kareng, Banda Aceh, dan Cot Iri, Kecamatan Barona Jaya, Aceh Besar, sejumlah pembeli mulai memadati lokasi penjualan kambing qurban sejak pagi (20/10). Meski harga meroket, namun minat pembeli kambing qurban cukup ramai. Penjualan kambing qurban di dua lokasi ini sudah dimulai sejak seminggu terakhir. Namun pembelinya baru ramai pada H-5 lebaran Idul Adha nanti.

Harga kambing yang dijual di dua lokasi ini mengalami kenaikan sebesar Rp200.000 dari hari biasanya. Sementara, jumlah pembeli juga mengalami peningkatan dari hari-hari biasanya. Para penjual rata-rata bisa menjual sekitar tiga ekor kambing saban hari.

Darwin, salah seorang penjual kambing qurban di Ulee Kareng, mengatakan, harga kambing di tempatnya berkisar antara Rp1.300.000 hingga Rp3 juta. Ia mampu menjual minimal tiga ekor kambing dalam sehari.

“Harganya mengalami kenaikan sebesar Rp200.000. permintaan untuk tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya,” kata Darwin saat ditemui di lokasi penjualan kambing qurban di Ulee Kareng, Sabtu (20/10).

Kambing yang dijadikan untuk qurban, kata Darwin, harus sehat dan tidak cacat seperti tidak ada tanduk maupun buta. Sedangkan untuk umurnya, lebih di atas dua tahun atau giginya sudah tumbuh semua. “Di atas dua tahun sudah bisa untuk qurban,” jelasnya.

Untuk stok kambing qurban, ia mendatangkan kambing-kambing tersebut dari Matang Gelumpang Dua, Bireuen. Ia harus membawa stok dari Matang, sebab jumlah kambing yang tersedia di kawasan Banda Aceh maupun Aceh Besar tidak mencukupi.

Menurutnya, jumlah permintaan kambing qurban untuk tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. “Tahun ini mengalami penurunan jumlah pembelinya,” ungkapnya.

Darwin menambahkan, permintaan kambing qurban biasanya mengalami peningkata pada H-5 hingga H-1 lebaran. “Sekarang sudah mulai ada peningkatan permintaan. Mungkin dua hari ke depan akan ada peningkatan yang lebih banyak lagi,” pungkasnya.[]

Previous article
Next article
Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU