Friday, April 19, 2024
spot_img

Ini Penyebab Masyarakat Aceh Banyak Menderita Penyakit Jantung

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM– Jumlah penderita penyakit jantung di Aceh merupakan yang tertinggi di Sumatera. Saban bulan, sekitar 1.400 warga Aceh berobat jantung ke rumah sakit di Aceh maupun luar. Namun, apa penyebab banyak warga Aceh menderita penyakit jantung?

Kepala Pusat Layanan Jantung Terpadu Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin dr Teuku Heriansyah mengatakan, masyarakat Aceh banyak menderita penyakit jantung akibat kurang menjaga pola makan dan hidup. Selain itu, budaya masyarakat Aceh berlama-lama di warung kopi juga menjadi salah satu penyebab penyakit ini.

“Minum kopi dengan gula tinggi ditambah merokok lagi,” kata Teuku Heriansyah kepada wartawan di Banda Aceh, Selasa (25/2/2014).

Untuk menghindari penyakit jantung, dr Teuku Heriansyah menyarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan menghindari merokok. “Banyak sekali sekarang usia muda kena serang jantung dan stroke akibat rokok,” ungkapnya.

Sementara Direktur RSUZA Banda Aceh dr Syahrul mengatakan, saban hari jumlah warga Aceh yang berobat jantung ke poliklinik jantung RSUZA mencapai 80 orang. Dari jumlah itu, lima hingga enam orang harus mendapat tindakan operasi saban hari. “Jumlah penderita jantung di Aceh merupakan yang tertinggi di Sumatera,” jelas dr Syahrul. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU