Google+

Berita, Kampus

Mahasiswa Fak. Dakwah Tulis Skripsi Berbahasa Arab

Oleh: Nanat - 28/01/2013 - 15:21 WIB

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Untuk pertama kalinya mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry menuli skripsi dalam bahasa Arab. Jumat lalu, ia berhasil lulus dalam ujian munaqasyah skripsi di Ruang Sidang Fakultas Dakwah.

Wahyu Rezeki, mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menulis skripsi berjudul “Washaaya Khuthabil Jumu’ah (Bahtsu Tahlili ’ala Muthawayaati Jumu’ah fi Masaajidi Banda Atsyih. Skripsinya membahas tentang materi khutbah Jumat di sejumlah masjid di Kota Banda Aceh.

Dekan Fakultas Dakwah Abdul Rani Usman mengatakan, sidang skripsi mahasiswa dalam bahasa Arab ini merupakan baru yang pertama di Fakultas Dakwah. Tahun lalu, seorang mahasiswi menulis skripsinya dalam bahasa Inggris dan juga lulus dengan baik.

“Fakultas Dakwah sangat mendukung jika ada mahasiswanya yang ingin menulis skripsi dalam bahasa asing, baik bahasa Inggris, Arab, Mandarin, dan sebagainya,” kata A. Rani Usman kepada acehkita.com, Senin (28/1/2013).

Menurutnya, mahasiswa Fakultas Dakwah diberi kesempatan penuh untuk menuliskan skripsinya dalam bahasa asing, ini merupakan langkah awal fakultas meningkatkan kualitas lulusan.

Sementara Wahyu Rezeki mengatakan, ia termotivasi menulis dalam bahasa Arab karena belum ada mahasiswa dari Fakultas Dakwah yang menulisnya.

“Bahasa itu bagian terpenting dalam komunikasi, atas dasar itu menarik bagi saya untuk menuliskan tugas akhir ini dalam bahasa Arab,” kata Wahyu.

Sidang Munaqasyah Wahyu belangsung selama dua jam, dia mampu mempresentasikan hasil karyanya dengan menggunakan media power poin. Skripsinya diuji oleh Fakhruddin, S.Ag, M.Pd, Jailani, M.Ag, Dr. Al Jidar Matsyah, dan Ustaz Zakaria dari LIPIA. []

-----

Akses ACEHKITA.COM versi mobile melalui telepon selular, iPhone, BlackBerry, Android, dan tablet Anda di alamat: m.acehkita.com


Share on Tumblr

Slashdot! Netscape! Blinklist! Ma.gnolia! Squidoo! SphereIt! SpURL