Friday, March 29, 2024
spot_img

Tak Bayar Saksi, Caleg Hanura Takut Pulang ke Rumah

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Inilah cerita menggelitik usai hari pemungutan suara. Enam calon anggota legislatif dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Banda Aceh takut pulang ke rumah karena tidak membayar uang saksi. Jadinya, mereka terpaksa nginap di rumah ketua partai.

Cerita ini bermula ketika enam caleg merekrut para saksi yang akan ditempatkan di sejumlah tempat pemungutan suara yang ada di daerah pemilihannya. Saat itu, para saksi dijanjikan akan dibayarkan upahnya sebelum hari pencoblosan.

Namun, usai pemilihan, uang yang dijanjikan itu tak kunjung dibayarkan. Jadilah, para saksi menagih uang tersebut kepada para caleg. Perlu dicatat, masing-masing caleg punya saksi antara 20 hingga 150 orang saksi.

Junaidi, caleg Hanura, mengaku terpaksa melaporkan persoalan dana saksi ini kepada pimpinan partainya. Ia tak berani pulang ke rumah sebelum dana saksi dibayarkan karena beberapa kali didatangi para saksi. Apalagi, ia acap ditelepon atau dikirimi pesan pendek yang menanyakan kejelasan dana saksi.

Ia sendiri sebenarnya punya niat untuk membayar semua saksi yang telah bertugas memantau perolehan suaranya selama masa pemungutan dan perhitungan suara.

“Saya tidak sanggup bayar,” kata Junaidi kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat (11/4/2014). “Tidak punya uang. Sekarang kami terpaksa harus menginap di rumah ketua partai.”

Junaidi dan lima rekannya hingga tadi malam masih menginap di rumah ketua partai.

Ketua Partai Hanura Banda Aceh Abdul Jabar menyebutkan pihaknya belum mampu membayar uang saksi karena belum ada dana. Biaya dari kantor pusat pun belum dikirim.

“Kami masih mencari solusi untuk membayar uang saksi,” ujar Abdul Jabar. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU