Tuesday, April 23, 2024
spot_img

TNI AU Tahan Pesawat Amerika di Bandara SIM

ACEH BESAR | ACEHKITA.COM — Sebuah pesawat Amerika Serikat jenis Dornier 328 ditahan oleh TNI AU di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (20/5/2013). Pesawat itu ditahan karena tidak mengantongi izin memasuki wilayah Indonesia.

Informasi yang dihimpun acehkita.com, pesawat tersebut terbang dari Maldives, Srilanka menuju Singapura. Namun dalam perjalanan, mereka memasuki wilayah Indonesia dan kemudian terdeteksi oleh radar. Pesawat itu kemudian diminta untuk mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda sekitar pukul 14.00 WIB.

“Pesawat ini kita tahan dan tidak boleh melanjutkan perjalanan sebelum ada surat izin,” kata Komandan Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Kolonel Supri Abu, kepada wartawan di Bandara.

Menurut Supri, pesawat itu mendarat di SIM setelah diminta turun sehingga pihak TNI AU tidak perlu menerbangkan pesawat tempur untuk memaksa pesawat itu mendarat.

“Kebetulan setelah kita minta untuk turun pesawat itu langsung turun. Sehingga kita tidak perlu menerbangkan pesawat tempur,” jelasnya.

Saat diminta turun oleh TNI AU, jelas Supri, pilot pesawat tersebut mengungkapkan hendak mendarat di Bandara SIM untuk isi bahan bakar.

Pesawat yang kini ditahan di Bandara SIM itu mengangkut lima awak kapal. Kelimanya itu yaitu Tutle Colton Timothy (pilot), Priest Chyntia Ellizabeth (Co-pilot), Faire Loren Mattjew (teknisi), Moreno David Antonio dan Sanchez Gaona Diego.

“Dalam pesawat itu terdapat tiga militer dan dua sipil. Kebetulan pilot pesawat ini berpangkat kapten,” ujarnya. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU