Connect with us

Berlibur Bersama Lansia Agar Tetap Aman dan Menyenangkan

berlibur bersama lansia
Ilustrasi [sumber:garzablancaresort.com]

Lifestyle

Berlibur Bersama Lansia Agar Tetap Aman dan Menyenangkan

ACEHKITA.COM – Liburan tentunya bukan hanya untuk kalangan muda saja, orang-orang yang telah berusia senja juga memiliki kebutuhan untuk berlibur untuk bisa rileksasi. Momen liburan juga biasanya dinantikan oleh lansia, karena pada waktu ini lah ia bisa berkumpul bersantai bersama keluarga tercinta. Meski begitu, tentunya lansia memiliki kebutuhan berbeda dengan anak-anak muda selama perjalanan liburan.

Dengan usia yang sudah tidak terlalu muda, mereka tentunya memiliki tenaga yang tidak lagi sama. Kenyamanan merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat membawa lansia pergi berlibur, termasuk saat mencari tiket pesawat untuk perjalanan.

Berikut apa saja yang harus diperhatikan saat membawa lansia pergi berlibur:

Mendapat Izin dari Dokter

Sebelum cari tiket pesawat untuk pergi berlibur, pastikan kamu telah mendapat izin dari dokter. Jika orangtua lansia dinyatakan cukup sehat, rencana perjalanan bisa dilanjutkan. Namun tentunya, harus cukup fleksibel dan tidak memaksakan berangkat jika memang mendadak kondisi kesehatan orangtua tidak cukup kuat untuk pergi berlibur.

Saat membawa orangtua ke dokter, jangan lupa juga untuk meminta resep atau obat baru jika diperlukan demi mendukung liburan. Selanjutnya, pastikan membawa obat-obatan yang telah diberikan dokter selama perjalanan dengan orangtua.

Memesan Pesawat & Hotel dengan Fasilitas Cukup

Saat memesan penerbangan untuk berlibur pastikan cari tiket pesawat yang menawarkan fasilitas nyaman dan mendukung untuk membawa lansia. Saat booking, jangan lupa memberi keterangan jika kamu akan membawa lansia yang berkebutuhan khusus. Dari situ, maskapai akan menyiapkan kursi roda dan bisa juga awak pesawat untuk membantu selama di perjalanan.

Kursi roda tentunya merupakan hal wajib bagi lansia saat di bandara, agar ia tidak cepat lelah menuju ke pesawat karena jarak berjalan dari gerbang keberangkatan hingga naik pesawat memang cukup jauh.

Selanjutnya, pilih hotel yang nyaman dan juga dekat dengan tujuan wisata yang akan didatangi. Dengan memilih hotel yang nyaman, lansia bisa memaksimalkan istirahat setelah perjalanan jauh dan selama berlibur.

Hal juga penting tapi sering kali diabaikan adalah mencari hotel yang dekat dengan rumah sakit atau klinik. Berbeda dengan orang yang masih muda, kondisi kesehatan lansia bisa berubah dengan cepat, karena itu lah sebaiknya kamu memastikan kalau hotel yang dipesan dekat dengan fasilitas medis.

Memiliki Waktu yang Fleksibel

Saat berlibur bersama lansia, pastikan kamu punya waktu yang fleksibel dan tidak menjadwalkan banyak destinasi wisata. Yang dibutuhkan lansia selama berlibur adalah relaksasi dengan menikmati waktu pada kemampuan mereka, sehingga ada baiknya tidak banyak berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Berikan juga waktu istirahat yang cukup untuk orangtua selama berlibur, yakni dengan meluangkan waktu tidur siang dan juga tidur malam cukup agar kesehatan tidak terganggu.

Membawa Semua Dokumen

Selain membawa dokumen diri untuk perjalanan, siapkan juga semua dokumen penting orangtua termasuk rekam medis. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga saja jika mendadak terjadi sesuatu pada orangtua lansia.

Setelah memastikan segalanya siap, kamu bisa menikmati liburan bareng orangtua dan membuat kenangan indah bersama keluarga!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Lifestyle

Advertisement

ACEHKITA TV

Trending

Kolom

Kuliner

Facebook

To Top