Connect with us

Bertamasya ke Lokasi Syuting Drama Korea

Travel

Bertamasya ke Lokasi Syuting Drama Korea

ANDA penyuka drama atau film Korea? Jika sempat jalan-jalan ke Negeri Ginseng itu, pastikan MBC Drama Mania menjadi salah satu destinasi wisata Anda. “MBC Drama Mania jadi salah satu tempat yang harus dikunjungi para pecinta drama Korea, terutama yang sangeuk atau historical bersettingan zaman kerajaan,” ujar Lea, turis asal Indonesia.

Bertamasya ke MBC Drama Mania, Anda akan langsung bisa menyaksikan proses syuting drama kesayangan Anda. Termasuk, ia bakal menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Lea mengaku senang bisa ke MBC Drama Mania. Sebab, saat berkeliling set drama ini, ia sempat menyaksikan proses pembuatan drama.

Bagi masyarakat Korea atau turis, MBC Drama Mania lebih dikenal dengan nama Dae Jang Geum Park. Ia merupakan taman drama set terbuka terbesar yang dibuka untuk umum. Ia menjadi panggung utama untuk syuting segala hal berbau sejarah atau opera sabun milik stasiun televisi Munhwa Broadcasting Company (MBC).

Bangunan semi permanen yang dibangun untuk kepentingan syuting ini, dibuat berdasarkan data sejarah. Struktur bangunan yang dirancang berdasarkan bentuk dari tiga kerajaan terbesar di Korea Selatan pada masa lalu termasuk Kerajaan Georyo dan Joseon.

Taman yang dibuka pada tahun 2005 di Yongcheong-ri, Baekam-myeon, Yongin-si memiliki luas 29,421 meter persegi. Tempat ini merupakan lokasi syuting untuk banyak drama yang terkenal termasuk Jungmo the Prince of the Legend, Queen Seondeok, Moon Embracing the Sun, Kang Chi the Beginning yang dibintangi oleh Lee Seungi dan Suzy, personel Girl Band Miss A.

Namun tentu saja drama ini tidak bisa dipisahkan dengan Drama Dae Jang Geum atau Jawel in the place (tokoh Dea Jang Geum diperankan oleh Lee Young-Ae). Drama yang diproduksi pada perayaan 40 tahun station MBC ini tercatat sebagai salah satu drama Korea paling ngehit di dunia. Tayang pada September 2003 sampai Maret 2004 drama ini memperoleh rating yang sangat tinggi mencapai 57%. Bercerita tentang Tabib perempuan pertama istana yang diperbolehkan merawat sang raja sehingga mendapat gelar “Dae” yang berarti hebat dalam Bahasa Korea.

Drama_Korea_Prison_FCerita tentang wanita yang meniti karier sebagai dokter wanita pertama Kerajaan Joseon ini menghadirkan tentang pengobatan tradisional dan masakan dapur kerajaan ini menarik banyak penonton dan menyebarkan gelombang Hallyu Wave ke seluruh dunia, terlebih kisah ini diangkat dari kisah nyata tentang dokter wanita pertama yang diakui oleh kerajaan.

Namanya disebut sampai lebih dari tujuh kali dalam manuskrip Sejarah Dinasti Joseon. Disebutkan kalau Raja Jungjong terkesan dengan keahlian medis Jang-geum dan mempercayainya sebagai tabib bagi anggota keluarga kerajaan. Berkat keahliannya ini Jang-geum mendapat jabatan sebagai pejabat tingkat ketiga di kerajaan.

Selain itu masih ada set House of Choe Woo, tempat pelatihan yang dipakai dalam drama God of War yang bercerita tentang Kim Jun yang merupakan salah seorang  penguasa militer terkuat pada Dinasti Goryoeng.  House of An Official Set dibangun untuk perumahan para petinggi pada zaman Joseon. Police Bureau Prison yang merupakan setingan untuk kantor polisi dan penjara pada masa Joseon yang ditampilkan pada banyak drama seperti Lee San (Win in the Palace), The Duo dan lainnya.

Ada lebih dari 22 set yang telah dibangun dan tampil di 18 drama serta beberapa iklan dan film. Set akan terus bertambah seiring pertambahan properti utuk kepentingan syuting. Selain itu juga ada autograph exhibiton, tempat tanda tangan para bintang seperti Song Seung Heon pemeran drama dr. Jin. Pengunjung juga mempunyai kesempatan untuk berfoto dengan mengunakan kostum drama dan bereksperimen beberapa kerajinan tangan serta ada beberapa guide yang dapat berbicara bahasa Inggris, Jepang dan China.

Taman yang berada di luar Kota Seoul ini mematok tiket 7 ribu won sebagai biaya masuk. Untuk mencapai lokasi ini menempuh waktu hampir dua jam dari pusat kota Seoul. Sangat disarankan sampai di Baekam untuk makan terlebih dahulu sebelum menyambung naik bus atau taksi ke lokasi.

Sopir bus nomor 10 dari Suwon Station menyarankan saya untuk makan dulu di salah satu warung makan tradisional Korea. Saya memilih tempat makan yang tidak jauh dari halte bus sambil menunggu jadwal bus nomor 105 berangkat ke lokasi yang dituju. Saya memesan doenjang jjigae, sejenis sup sayuran, tahu dengan kedelai yang sudah difermentasi. Sup hangat dan nasi cukup untuk mengisi tenaga sebelum berkeliling selama dua jam. Pemilik warung menyarankan untuk naik taksi.

“Kamu bilang saja mau ke dramia, si supir sudah tau. Semoga kunjungannya menyenangkan,” ujarnya lagi sambil mengantar ke pintu.

Salah satu hal yang menarik di lokasi taman ini adalah adanya pemberitahuan tentang syuting yang berlangsung. Kita bisa menonton dari jauh tentunya. “Waktu saya datang sedang berlangsung syuting untuk drama sageuk baru MBC Prison Flower,” ujar Indah, salah satu pengunjung. “Kalau tidak menganggu tentu saja kita boleh menonton dan memotret dari jauh asal tanpa flash.”Drama_Korea

Drama Prison Flower dibintangi oleh Go Soo dan Jin Se Yeon, mengambil setting zaman Joseon yang bercerita tentang seorang perempuan yang lahir di penjara dan melalu perjalanan panjang untuk menegakkan keadilan.

Namun tidak semua seberuntung Indah tentunya, Lea dan Ditta temannya harus puas untuk berfoto hanya di beberapa set karena datang saat taman hampir tutup. “Pokoknya tahun depan kita harus ke sini lagi,” katanya. []

KHITHTHATI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

To Top