Besok, FJL Aceh Gelar Diskusi tentang Kehutanan

0
1087

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM  – Forum Jurnalis Lingkungan (FJL) Aceh menggelar diskusi tematik tentang isu perizinan sektor kehutanan di Aceh. Diskusi tematik ini akan digelar, Rabu 29 Agustus 2018 di Warung Kopi Chek Yuke, Lampineung, Banda Aceh.

Ketua Panitia Pelaksana, Ratno Sugito mengatakan, selama ini FJL Aceh fokus mengawal isu-isu lingkungan. Keterlibatan jurnalis dalam mengawal lingkungan sangat berkontribusi untuk menjaga hutan Aceh dari kerusakan. Diskusi publik tersebut bertema “Perizinan dalam Sektor Kehutanan Aceh, Sebagai Bentuk Kepedulian Multipihak Terhadap Pembangun Aceh Berkelanjutan”.

“Kita berharap dengan ada diskusi ini akan semakin memperkuat gerakan sosial kita untuk menjaga dan mengawal hutan dari kerusakan,” kata Ratno Sugito, Selasa.

Diskusi tematik ini, sebutnya, tidak hanya sebatas berdiskusi. Akan tetapi juga membangun silaturrahmi dengan para pihak, baik semasa jurnalis, masyarakat sipil dan pihah-pihak lainnya. Diharapkan, dengan semakin banyak komponen berkumpul akan lebih masif mengkampanyekan perlindungan hutan dari kerusakan.

“Kita butuh gerakan bersama untuk menjaga kerusakan hutan di Aceh. Termasuk mengawal sektor perizinan yang diberikan oleh pemerintah, jangan sampai masuk dalam kawasan hutan lindung diberikan izin,” ungkapnya.

Pada diskusi kali ini, sebutnya, FJL Aceh mengundang narasumber dari Kabid Informasi dan Pengaduan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh, Jafaruddin; Kabid Minerba Distamben Aceh, Said Faisal; Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Mahar; Koordinator Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Alfian dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, Afifuddin Acal.

Diskusi tematik ini nantinya, dipandu oleh Adi Warsidi, mantan Ketua AJI Kota Banda Aceh. “Kami berharap diskusi ini menjadi titik awal untuk membangun gerakan bersama menjaga hutan Aceh,” ujar Ratno. []

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.