Connect with us

Besok, Irwandi Kampanye di Bener Meriah

Berita

Besok, Irwandi Kampanye di Bener Meriah

BANDA ACEH, acehkita.com. Gubernur Aceh akan berkampanye untuk Partai Aceh dalam Pemilihan Umum 9 April nanti. Irwandi memulai berkampanye di Kabupaten Bener Meriah pada Jumat, 20 Maret, dan di Aceh Tengah pada 1 April nanti.

“Jumat ini (20/3), gubernur akan berkampanye di Bener Meriah. Persiapan sudah cukup matang. Diperkirakan, massa yang hadir mencapai seribu orang,” kata Juru Bicara Partai Aceh Adnan Beuransyah kepada wartawan di Banda Aceh, Kamis (19/3).

Gubernur Irwandi Yusuf telah mendapat izin cuti dari Menteri Dalam Negeri untuk berkampanye mewakili partai yang dibentuk pentolan Gerakan Aceh Merdeka itu. Selain Irwandi, Wakil Gubernur Muhammad Nazar juga telah diizinkan cuti. Rencananya, Nazar akan berkampanye untuk Partai SIRA.

Partai Aceh menurunkan sekitar 500 juru kampanyenya untuk memenangkan Pemilu legislatif ini. Partai Aceh mengklaim akan mendulang suara di pantai timur Aceh, seperti Aceh Timur, Pidie, Aceh Utara, Lhokseumawe, Langsa, Aceh Besar, dan Banda Aceh. Dalam kampanye ini, Partai Aceh akan mengusung isu pembangunan ekonomi pascaperdamaian.

“Kita fokus pada kemakmuran rakyat sesuai amanah MoU Helsinki,” kata Beuransyah.

Kesepakatan Damai yang ditandatangani di Helsinki, Finlandia, 15 Agustus 2005 lalu, mengakhiri konflik bersenjata selama 30 tahun yang mengakibatkan 15 ribu warga sipil menjadi korban. Pascaberakhirnya konflik, Pemerintah Indonesia mengizinkan hadirnya partai politik lokal di Aceh. Ada enam partai politik lokal yang akan bertarung dalam Pemilu nanti.

Partai Rakyat Aceh, yang dimotori para aktivis muda Aceh, juga mengklaim akan mendulang suara. Mereka meyakini akan menang di wilayah pantai barat dan selatan Aceh. Rahmad Djailani, ketua Badan Pemenangan Pemilu PRA, mengatakan, PRA akan lebih fokus pada pembukaan lapangan pekerjaan, kesehatan gratais, dan pemanfaatan serta pembagian sumberdaya alam Aceh.

Partai Rakyat Aceh akan berkampanye pada 24 dan 28 Maret. Dia mengaku PRA akan mengrahkan massa 500 sampai seribu orang. “Semua perizinan telah kita serahkan kepada KIP (Komisi Independen Pemilihan) dan Kepolisian Aceh,” kata Rahmat. [Rina]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top