BMKG Mutakhir Kekuatan Gempa di Laut Banda Aceh Jadi 4,9 Magnitudo

0
943

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperbarui data kekuatan gempa di laut Kota Banda Aceh yang sebelumnya disebut bermagnitudo 5,1 menjadi 4,9.

Selain besar kekuatan, BMKG turut memperbarui kedalaman gempa dari sebelumnya 14 kilometer menjadi kedalaman 51 kilometer.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 5,1 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Magnitudo 4,9,” kata Kepala Pusat Gempabumi dan tsunami BMKG, Rahmat Triyono kepada wartawan, Selasa (1/1/2019).

Rahmat menambahkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,42 lintang utara dan 94,51 bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 90 km arah barat Kota Banda Aceh.

Menurutnya, klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” tutur dia. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.