Buruh Aceh Suarakan Tolak Tenaga Kerja Asing

0
531
Buruh Aceh Suarakan Tolak Tenaga Kerja Asing
Aksi Aliansi Buruh Aceh di depan Gedung DPRA, Banda Aceh, Rabu 6 Februari 2019. (Husaini/ACEHKITA.COM)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Aliansi Buruh Aceh (ABA) menggelar unjuk rasa terkait tenaga kerja asing yang bekerja di Provinsi Aceh, Rabu (6/2). Serikat buruh Aceh tersebut menolak keberadaan tenaga kerja asing di Aceh.

Dalam aksi yang digelar di Bundaran Simpang Lima, Banda Aceh, para buruh menuntut agar pemerintah memulangkan tenaga kerja asing tanpa keahlian khusus (unskill) dan ilegal (unprosedural).

Sekretaris Alinsi Buruh Aceh, Habibi Inseun, menyebutkan terdapat sekitar 200 orang tenaga kerja asing unskill yang bekerja beberapa wilayah di Aceh.

“Sangat menyedihkan jika di Aceh masih ada tenaga kerja asing unskill, sementara Aceh masih menjadi penyumbang pengangguran tertinggi di atas rata-rata nasional mencapai 6,39 persen,” ujar Habibi kepada wartawan di sela-sela aksi unjuk rasa, Rabu (6/2).

Karenanya, Aliansi Buruh Aceh menuntut pemerintah untuk menseriusi hal tersebut serta menyerap tenaga kerja lokal sehingga bisa menekan angka pengangguran di Aceh.

Sebelumnya, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Aceh menemukan 51 orang tenaga kerja asing (TKA) asal China yang bekerja tanpa dokumen lengkap dan menyalahi aturan visa. Sedangkan satu di antaranya dinyatakan ilegal dan tidak memiliki dokumen apapun.

Mereka tepergok saat tim melakukan sidak di PT Shandong Licun Power Plant Technology Co.Ltd yang lokasinya berada di PT Lafarge Holcim Indonesia di Lhoknga, Aceh Besar, pada Selasa (15/1/2019) lalu. Kini mereka telah dipulangkan ke negara asalnya.

Selain menolak tenaga kerja asing di Aceh, mereka juga menolak Permenkes 51 tahun 2018. Dalam aksi yang kemudian berlanjut di depan gedung DPRA, para buruh tersebut juga mendesak legislatif Aceh untuk segera menerbitkan Pergub untuk petunjuk teknis untuk implementasi Qanun Nomor 7 Tahun 2014.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.