Connect with us

Calon Nelayan Batam

Laporan Khusus

Calon Nelayan Batam

AKHIR pekan diajak jalan-jalan oleh dokter gigi Zahrotur Riyad ke salah satu sekolah di pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Mereka menonton video-video perjalanan Ekspedisi Indonesia Biru.

Masyarakat pulau Galang mayoritas adalah nelayan, berkebun sayur, atau bekerja sebagai buruh di Batam. Dokter Zahro bertugas di puskesmas setempat dan memberikan layanan kesehatan gigi ke pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Dari sekitar 70 siswa ini, hanya satu orang yang mengaku bercita-cita menjadi nelayan. Siswa yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi di SMA 10 Batam ini rata-rata hanya 20 persen. Baik atas biaya sendiri maupun program beasiswa pemerintah daerah (yang tak setiap tahun ada).

80 persen sisanya harus berdamai dengan realitas dan merumuskan jalan hidupnya sendiri.

“Saya ingin punya kapal yang besar agar bisa menampung orang-orang dan membuat lapangan pekerjaan, tanpa menunggu bantuan dari pihak luar,” kata siswa Kelas 3 ini.

Dokter Zahro (baju dan kerudung merah) belakangan tak hanya keliling pulau-pulau mencabut gigi di bawah pohon, juga keluar-masuk sekolah memberikan edukasi tentang dampak seks bebas dan narkoba bagi remaja.

Kegiatan itu adalah bagian dari program pemerintah. Meski “Perempuan Inspiratif Nova 2014” ini kerap melakukannya dengan resources pribadi. []

DANDHY | EIB

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Laporan Khusus

To Top