Connect with us

Teror Jelang Pemilu

Berita

Teror Jelang Pemilu

BANDA ACEH, acehkita.com. Kekerasan menjelang Pemilu di Aceh dilaporkan meningkat. Tim Monitoring Pascakonflik Bank Dunia dalam laporan hasil monitoring yang dipaparkan kepada publik, mencatat ada 16 orang tewas, 47 orang terluka, dan 17 unit bangunan dan kendaraan mengalami kerusakan.

Menjelang Pemilu ini kekerasan di Aceh meningkat. Bank Dunia mencatat kasus penggranatan kantor partai politik sebanyak 13 kasus, tiga atau empat anggota Partai Aceh atau Komite Peralihan Aceh dibunuh pada awal Februari. Terakhir, tim sukses Partai Aceh di Jeuram, Kabupaten Nagan Raya, ditemukan tewas dengan leher tergorok di tempat pembungan limbah sawit.

Berikut data yang berhasil dikumpulkan redaksi acehkita.com.

TAHUN 2009

21 Maret
Rumah dinas Wakil Bupati Bireuen Busmadar Ismail digranat sekitar pukul 05.40 WIB. Granat jatuh dan meledak di atas atap rumah hingga menimbulkan kerusakan. Asisten pribadi istri Wabup terkena serpihan dan dilarikan ke rumah sakit.

20 Maret
Tumijan, warga Desa Purworejo, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya, ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan, Jumat (20/3) sekitar pukul 07.00 WIB. Di tubuhnya masih melekat kaos berlambang Partai Aceh (PA).

15 Maret
Hendri Faisal, 30 tahun
caleg Partai Aceh ditembak orang tak dikenal di Desa Pasi Ulee Ara, Kecamatan Woyla Barat, Aceh Barat. Hendri mengalami luka di bagian betis kiri.

15 Maret
Posko Partai Aceh dibakar
Posko Partai Aceh (PA) yang berkonstruksi papan dan beratap rumbia di Desa Kampong Terandam, Kecamatan Babussalam, Kabupaten Agara, Minggu (15/3) sekitar pukul 03.00 WIB dibakar OTK. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu dan belum diketahui apa motif pelaku.

11 Maret
Cafe Reintegrasi Digranat
Cafe ini sering digunakan aktivis KPA dan Partai Aceh berkumpul. Penggranatan ini mengakibatkan Muhammad Hombing (Wakil Mukim KPA Alos Kala) dan empat warga lainnya mengalami luka-luka terkena serpihan granat.

3 Maret
Atribut Partai Aceh diturunkan
Anggota TNI Koramil Simpang Keuramat Aceh Utara menurunkan atribut Partai Aceh. Komandan Koramil dan enam buahnya dicopot dari jabatan.

20 Februari
Kantor Partai Aceh wilayah Aceh Tengah digranat
Kantor PA di Jalan Yos Sudarso Aceh Tengah digranat pada Jumat (20/2). Tidak ada korban jiwa, hanya tiga jendela samping kantor yang pecah.

11 Februari
Taufik alias Benu, 35 tahun
Ketua Posko Partai Aceh tewas ditembak di Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Aceh Barat. Taufik ditembak di rumahnya pada Kamis dinihari.

5 Februari
Muhammad Nur
Anggota KPA tewas ditembak di Desa Kajhu, Aceh Besar.

5 Februari
Zakaria
Anggota KPA mengalami luka tembak di Desa Kajhu, Aceh Besar. Dia ditembak bersama Muhammad Nur. Jiwa Muhammad Nur tak tertolong.

4 Februari
Dedi Novandi alias Abu Karim
Sekretaris Komite Peralihan Aceh (KPA/tempat bernaung mantan kombatan GAM) tewas ditembak di Bireuen.

4 Februari
Kantor PA Langsa digranat
Kantor Dewan Perwakilan Wilayah Partai Aceh (DPW-PA) Kota Langsa di Sungai Paoh, Kecamatan Langsa Kota, pada Rabu (4/2) sekira pukul 03.15 WIB digranat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Serpihan granat hanya menghancurkan kaca nako depan kantor dan bagian dinding.

26 Januari
Kantor PA Aceh Utara digranat
Kantor DPW PA Aceh Utara di Jalan Banda Aceh-Medan, Desa Meunasah Mancang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara diberondong dengan senjata api oleh orang tak dikenal, Senin (26/1) sekitar pukul 03.15 WIB.

22 Januari
Kantor Partai Golkar Bireuen digranat
Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Bireuen di Jalan Malikussaleh, Kecamatan Kota Juang, digranat orang tak dikenal, Kamis (22/1) sekira pukul 04:45 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam aksi teror itu, hanya kaca depan pecah dan sejumlah mobiler rusak.

16 Januari
Mobil anggota Partai Aceh digranat
Granat meledak di depan Hotel UKM di Banda Aceh. Tiga mobil rusak, termasuk satu mobil milik aktivis Partai Aceh

13 Januari
Kantor DPP Partai Aceh dilempari granat
Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh (PA) di Banda Aceh dilempar granat oleh orang tak dikenal, Selasa (13/1) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Koordinator keamanan DPP PA, Abdul Gani di Banda Aceh, Selasa, mengatakan, pelaku melemparkan granat di depan pintu sekitar pukul 02.50 WIB, mengakibatkan kerusakan ringan dan kaca pecah.

TAHUN 2008

Oktober 2008
Pelemparan granat di rumah Muzakkir Manaf
Rumah Ketua Partai Aceh Muzakkir Manaf dilempari granat pada Oktober tahun lalu.

21 September 2008
Partai SIRA dibakar
Kantor Komite Pimpinan Kecamatan (KPK) Partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA) Kota Juang di Jalan Tgk M.Zein, Meunasah Blang, Kota Juang, Bireuen, dibakar orang tak dikenal (OTK), Minggu (21/9) sekira pukul 05.30 WIB. Namun api yang sempat membakar bagian depan bangunan berhasil dipadamkan warga sekitar.

17 September 2008
Kantor PA Bireuen digranat
Kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Aceh (PA) Kabupaten Bireuen di Jalan Banda Aceh-Medan, Desa Meunasah Blang, Kota Juang, digranat orang tak dikenal (OTK), Rabu (17/9) sekira pukul 04.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut, namun kondisi kantor partai lokal itu rusak berat.

15 September
Kantor PA Lhokseumawe dibakar
Kantor Dewan Pimpinan Gampong (DPG) Partai Aceh (PA) di Desa Panggoi, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, dibakar pada Senin subuh. Tidak ada korban jiwa.

[Data diolah berdasarkan berita di media/dbs/aknews]

Continue Reading
Baca juga...
2 Comments

2 Comments

  1. Wahyu

    May 23, 2009 at 2:14 pm

    ” Untuk para penguasa, gubernur, bupati se Aceh ”

    Pemilu Legislatif di Aceh pada vtanggal 9 april 2009 banyak intimidasi…jgn pergunakan kekuasaan untuk intimidasi rakyat, berpikirlah sebagai pemimpin yng benar2 bertarung di medan pertempuran bukan sebagai pemimpin yang pecundang…

    eorang pemimpin haruslah tegas, benar, straight to the point, dan terbebas dari “pemerkosaan bahasa”. Pemimpin bukanlah seorang orator yang bisanya hanya menipu rakyat dengan kata-kata yang abstrak, “ngeles”, ataupun kata-kata ambigu yang membius. Tegas bukan berarti keras atau kasar, tetapi tegas membawa makna konsistensi dan keteguhan prinsip

  2. Ipon

    Apr 2, 2009 at 7:36 pm

    salam alaikum warahmatullah hi wabarakatuh.
    kami dari nadsa (nanggrroe aceh darussalam student’s association) yang berdomisili di negara republik islam iran.mengucapkan rasa simpati kami terhadap bangsa serta martabat rakyat aceh.kami menyetujui langkah pemerintah dalam mnyelesaikan konflik di aceh.dan kami sangat berharap bagi seluruh lapisan masyarakat aceh.mari sama-sama kita bergerak menuju kepada keadilan dan kedamaian.dan sekaranglah waktunya untuk kita bangkit,bukan saling bermusuhan.cukup sudah penderitaan yang kita alami.saatnya sekarang kita saling bersanding.dan jangan sampai kita selalu terkontaminasi oleh-oleh hal-hal yang merugikan kita sendiri.rakyat aceh bersatu..
    semoga Allah berkenan mengampuni dosa-dosa kita semua dan menyatukan hati kita semua
    aceh damai..aceh sejahtera..aceh berdaulat
    wassalam alikum warahmatullahi wabarakatuh
    hidup aceh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

To Top