Connect with us

Dayah Darul Kamaliyah Gelar Musabaqah

Aceh

Dayah Darul Kamaliyah Gelar Musabaqah

KEUMALA | ACEHKITA.COM – Dayah Darul Kamaliyah (DDK) Mesjid Raya Keumala yang berada di Gampong Jijiem Kecamatan Keumala, Pidie, menggelar acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-5 yang dipusatkan di kompleks dayah tersebut. 

Kegiatan tersebut resmi dibuka Kamis, (19/5/2016) malam oleh Tgk. Abdullah Panga, turut dihadiri oleh ratusan warga. MTQ tersebut akan dilaksanakan selama delapan hari dan berakhir Kamis (26/5/2016).

Ketua panitia, Tgk Ahmad Qusyairi kepada acehkita.com mengatakan, musabaqah tahun ini diikuti oleh 420 santri Madrasah Diniyah Islamiyah dan 123 santri Dayah.

Kategori lomba yang diperlombakan untuk tingkat diniyah antara lain, dai cilik, syarhil qur’an, cerdas cermat, hafalan doa makhsus, hafalan quran dan asmaul husna.

Selanjutnya tingkat dayah, diperlombakan baca kitab kuning, syarhil quran dan cerdas cermat.

Tgk Qusyairi menambahkan pemenang nantinya akan diberi piala beserta bingkisan. 

“Untuk semua peserta akan kita berikan medali saat penutupan sebagai tanda pernah naik ke atas pentas musabaqah, hal ini bertujuan menambah semangat peserta yang tidak mampu meraih piala,” ujar Qusyairi. 

MTQ di dayah pimpinan Tgk HM Amin Ibrahim itu digelar saban tahun menjelang akhir ujian kenaikan kelas. Kegiatan itu bertujuan untuk mengetes sejauh mana kemampuan para santri setelah belajar selama setahun belakangan ini.

“Dengan menggelar acara seperti ini kita harapkan akan membangkitkan semangat dan memotivasi belajar para santri diniyah atau dayah ke depannya,” pungkas Ahmad Qusyairi. []

HABIL RAZALI

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top