Dosen UIN, Rektor Tahu Anda Bolos…

0
2647

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Universitas Islam Negeri Ar-Raniry bakal menerapkan aplikasi yang akan memantau gerak-gerik karyawan dan dosennya. Melalui aplikasi Monitoring dan Mapping, segala aktivitas dosen dan karyawan akan dipantau selama berada di kampus, termasuk Anda bolos atau tidak.

Aplikasi Monitoring dan Mapping ini dibuat oleh tim TriNet Jakarta.  Applikasi ini dipercaya mampu mengontrol suasana dan karyawan suatu kantor atau Institusi.

Salah seeorang konsultan dari TriNet Jakarta, Ferdinand David, mengatakan kedua teknologi tersebut sangat berguna, apalagi bagi sebuah lebaga pendidikan.  Kedua alat ini berfungsi mengontrol suasana kampus serta keberadaan karyawan atau dosen yang bolos.

“Kalau applikasi monitoring itu sangat penting, kalau ada kejadian sesuatu dapat terkontrol melalui itu nantinya,” ungkap Ferdinand di hadapan puluhan pengunjung PASTI-1 pada Selasa (26/1/2016).

Ia menyebutkan, salah satu aplikasi Monitoring yang paling terkenal adalah GainNet. Dengan applikasi ini, admin akan lebih mudah memantau suasana suatu institusi.

Sementara mapping, cara sistemnya tidak jauh berbeda dengan monitoring. Akan tetapi, untuk menggunakannya  pengguna harus terkoneksi ke jaringan WiFi. Dengan teknologi ini juga, rektor di sebuah universitas dapat memantau keberadaan seorang dosen atau stafnya ketika di kampus.

“Selama masih di lingkungan kampus, kalau ada dosen yang ke kamar mandi pun admin pasti mengetahui orangnya,” canda Ferdinand.

Menurut Ferdinand, aplikasi tersebut sudah tergolong canggih, karena selain dapat digunakan di lingkungan perkantoran dan aktivitas perkuliahan, alat ini juga sudah dipakai oleh Badan Intelligen Negara. []

GHAISYIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.