Connect with us

Dua Gajah Ditemukan Mati di Aceh Jaya

Aceh

Dua Gajah Ditemukan Mati di Aceh Jaya

[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]

Chaideer Mahyuddin/ACEHKITA.COM

Chaideer Mahyuddin/ACEHKITA.COM

BANDA ACEH | ACEHKITA.COMDua ekor gajah Sumatera berjenis kelamin betina ditemukan mati di pedalaman Kecamatan Krueng Sabe, Aceh Jaya, sehingga dalam tahun ini sudah lima ekor satwa liar yang dilindungi itu mati di Provinsi Aceh.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Genman Suhefti Hasibuan, mengatakan, Kamis (15/10/2015), bahwa kedua bangkai gajah yang berusia 15 dan 2 tahun ditemukan mati oleh warga di pedalaman hutan Krueng Sabe, Rabu kemarin.

“Kami mendapatkan informasi dari masyarakat kemarin sore. Tim BKSDA terdiri dari polisi hutan dan dokter hewan segera menuju lokasi untuk mengecek dan melakukan otopsi,” jelasnya kepada acehkita.com.

Menurut dia, jarak kedua bangkai gajah itu berdekatan yaitu hanya 10 meter. Lokasi ditemukan kedua bangkai gajah itu dalam hutan yang berjarak tujuh kilometer dari permukiman penduduk.

“Dugaan awal penyebab kematian kedua gajah itu akibat keracunan, tetapi pastinya harus menunggu hasil uji laboratorium,” katanya seraya menambahkan tim BKSAD sudah mengambil sampel untuk dikirim ke laboratorium forensik Mabes Polri.

Indikasi keracunan karena dari mulut dan anus keduanya mengeluarkan darah serta tak ditemukan adanya bekas luka tembak dan tanda-tanda terkena jeratan maupun sengatan listrik, tambahnya.

Genman memperkirakan kedua gajah itu mati sekitar dua atau tiga hari lalu karena kedua bangkai utuh dan masih mengeluarkan darah dari mulut dan anusnya.

“Kita sudah berkoordinasi dengan polisi. Mereka sudah mulai melakukan pengusutan untuk mengetahui penyebab kematian kedua gajah ini,” katanya.

Menurut dia, ini adalah kematian gajah kelima dalam tahun ini di Aceh. Sebelumnya, awal September lalu, seekor gajah jantan ditemukan mati di pedalaman Aceh Timur.

Pada 22 April, satu gajah jantan berusia 15 tahun juga ditemukan mati di pedalaman Aceh Timur.

Pada awal April, seekor gajah jantan ditemukan mati di Kabupaten Aceh Barat. Saat ditemukan, kedua gading gajah sudah tak ada lagi dan bagian kepalanya dipotong.

Genman memperkirakan saat ini jumlah gajah Sumatera di Aceh lebih dari 500 ekor. Tahun 2014, sedikitnya 11 ekor gajah Sumatera mati di Aceh.

Konflik gajah dan manusia meningkat selama 10 tahun terakhir di Aceh. Menurut BKSDA, konflik itu terjadi akibat pembukaan lahan yang dilakukan di lintasan gajah dan perburuan gading.[]

NH[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top