Connect with us

Dua Jam Bersama Ekspedisi Indonesia Biru

Aceh

Dua Jam Bersama Ekspedisi Indonesia Biru

LHOKSEUMAWE | ACEHKITA.COM – Sejumlah jurnalis sambut kedatangan Tim Ekspedisi Indonesia Biru di salah satu warung kopi di Kota Lhokseumawe, Kamis (3/12/2015) malam.

Dalam pertemuan ini jurnalis yang penasaran dengan perjalanan Tim Ekspedisi Biru, yaitu Dandhy Dwi Laksono dan Suparta Arz menanyakan berbagai pengalamannya selama mengelilingi Indonesia sejak awal Januari lalu.

Diskusi berlangsung seru sambil makan dan minum, namun tetap focus pada cerita perjalanan dua jurnalisbackpacker  yang telah melihat Indonesia lebih dalam.

Menurut Dandhy, Indonesia bukanlah apa yang kita bayangkan selama ini, justru Indonesia sangat dalam dari apa yang telah terlihat selama ini.

“Indonesia bukan seperti yang ada di kalender, bukan seperti di wallpaper laptop, dan juga bukan seperti foto foto selfie, Indonesia lebih dalam bagi kami dan timbul kegeraman serta kemarahan karena melihat sebuah Negara yang kaya gagal mengelola sumber daya alam yang serius,” pungkas Dandhy.

Bagi Dandhy ada kesia-siaan besar yang telah kami temukan, dan telah kami rekam dalam tujuh film documenter untuk sementara ini.
image

“Yang ingin kami tunjukkan bahwa cara membangun Indonesia ini bukanlah seperti sekarang ini lho, kita punya cara lebih asik, awet, ramah lingkungan, lebih memanusiakan manusia, lebih adil secara ekonomi, serta lebih arif secara budaya,” tambahnya.

Selama diskusi yang berlangsung 2 jam bersama jurnalis di Lhokseumawe, teman perjalanan Dandhy Dwi Laksono, yaitu Suparta Arz mengatakan dirinya memiliki pengalaman tersendiri tentang Indonesia.

“Mengelilingi Indonesia itu sangat banyak kesan, terutama disetiap daerah memiliki keunikan tersendiri, dan ia juga berpesan lakukanlah sesuatu selama kita mampu melaluinya,” pungkas singkat Suparta.
image

Banyak cerita dan ilmu yang dapat di pahami secara singkat tentang Indonesia, bahwa Indonesia bukanlah apa yang kita ketahui, tapi Indonesia adalah apa yang kita lihat secara langsung disetiap Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sementara itu, pagi tadi Dandhy dan Suparta berziarah ke makam salah satu wartawan acehkita.com yang meninggal pada tahun 2013 lalu, di Desa Hagu, Lhokseumawe. Kemudian Tim Ekspedisi Indonesia Biru kembali melanjutkan perjalanan menuju Kota Banda Aceh, dan diperkirakan akan tiba sore hari. []

TEKS dan FOTO: ZM/ACEHKITA.COM

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Dua Jam Bersama Ekspedisi Indonesia Biru – Indonesia Biru

  2. Pingback: Dua Jam Bersama Ekspedisi Indonesia Biru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top