Connect with us

Everland, Taman Bermain Tanpa Akhir

Travel

Everland, Taman Bermain Tanpa Akhir

TAK lengkap rasanya melancong ke Korea tanpa datang dan mencoba berbagai wahana di Everland. Mulai dari yang memacu adrenalin, petualangan, dan penuh pengetahuan. Taman hiburan terbesar di Negeri Gingseng ini menghibur pengunjung sepanjang tahun dengan berbagai aktraksi dan festival. Tak ada batas usia untuk masuk kemari, kita bisa melihat kakek nenek sampai pasangan orang tua muda yang mendorong kereta untuk bayi mereka.

Tak peduli cuaca seperti semua pengunjung disini memasang senyum lebar. Salah satu taman bermain terbesar di Asia ini memiliki beragam tema berbeda setiap musim berganti. Tulip festifal, festifal bunga mawar, summer splash, Halloween, lampu lampu yang romantis dan lainnya sepanjang tahun. Hampir setiap tahunnya tempat ini dikunjungi oleh 7,3 orang. Di area ini selain Everland juga terdapat taman untuk bermain air yang dikenal dengan Caribbean Bay.
Awal dibuka tempat ini disebut sebagai Jayeon Nongwon atau Natural Farm kemudian menjadi Farmland hingga akhirnya menjadi Everland. Keseluruhan area ini dioperasikan oleh Samsung C&T Corporation yang merupakan anak perusahaan dari Samsung Grup sehingga tak heran banyak teknologi serba canggih ada didalamnya.

Untuk sampai kemari dari Seoul biasanya para wisatawan memilih naik bus dengan nomor 5002 dari Gangnam subway station yang akan sampai kelokasi ini 45 menit kemudian namun setelah Station Subway jurusan Everland dibuka banyak juga yang mencoba jalur ini. Namun saya sendiri biasanya berangkat dari Jamsil Station dengan naik bus no 5700.

Setelah turun di haltenya kita bisa bergesa untuk naik shuttle bus yang khus dioperasikan untuk mengangkut penumpang untuk segera bermain. Para petugas sudah mulai menyambut kita disini dengan ayunan tangan dan bendo lucu mereka. Jangan lupa ingat lokasinya karena nanti pulangnya kita akan naik di tempat yang sama agar tidak turun dilokasi parkir yang berbeda.
Sebelum masuk buat yang belum mempunyai tiket harus antri terlebih dahulu di main Gate untuk mendapatkannya. Namun kebanyakan turis yang datang dengan menggunakan tour sudah melakukan reservasi terlebih dahulu dan tinggal masuk saja setelah dihitung anggotanya. Jangan lupa juga untuk berpose disini ya.

Tarif seharian untuk masuk bagi yang dewasa 52.000 won atau sekitar 650 ratus ribu rupiah, remaja 44.000 won dan untuk anak anak dan lansia sebesar 41.000. buat yang hanya ingin menikmati suasana malam saja cukup datang sore hari dan membeli tiket setelah jam lima petang seharga 43.000 untuk dewasa. Merasa kurang puasa jika bermain cuma seharian bisa pesan tiket untuk dua hari dengan harga yang lebih murah tentunya yaitu hanya 81.000 won untuk dewasa.
“Rasanya tak habis semuanya dicoba jika cuma datang sehari, walau datang dari pagi” Kata Desi Prasinta. “kalau punya waktu berlibur lebih banyak pasti ingin dicoba semua wahananya”tambahnya lagi.

Taman ini tak diragukan lagi sebagai salah satu yang terbaik dikawasanan Asia Timur dengan jumlah kunjungannya, jadi dapat dibayangkan jumlah pengunjung diakhir pekan sehingga banyak turis memilih menghabiskan waktu disini selama week day. puncak kunjungan di Everland terjadi pada liburan musim panas tentunya tepat pada saat festival air dan bunga mawar digelar. Namun saat musim dingin tempat ini tak kalah indah dengan disulap bagaikan bagaikan negeri impian dalam cerita dongeng. Desi dan temannya sendiri datang saat musim semi kala bunga tulip mekar dengan indahnya. “Walaupun belum ke Belanda bolehlah kemari dulu.”

Zona Global Fair akan menyambut pengunjung digerbang masuk setelah pemeriksaan tiket. Jangan lupa untuk mengambil peta dan jadwal parade yang tersedia. Disini buat yang membawa bayi atau disable bisa meminjam kereta dorong untuk lebih memudahkan dalam menjelajah dan tersedia loker. Tak lupa disini juga ada beragam toko buat yang hobi belanja namun simpan saja dulu dompetnya karena rute kembali juga melewati area ini tak inginkan bermain dengan penuh tentengan ditangan.

Berpose di Magic tree tentu tak boleh terlewatkan karena ini merupakan salah satu icon taman ini. Pohon setinggi 13 meter yang bolong ditengahnya ini bersalin rupa setiap musimnya kadang kala terpasang ribuan bunga hidup, hiasan hantu-hantu, hiasan lampu canti hingga mengeluarkan musik. Buat yang menyukai live hologram bisa berhenti sejenak untuk menonton konser Bigbang atau Psy begitu juga penyuka kartu Korea Pororo karena didekat pohon ini terdapat Peroro 3D adventure yang menarik minat anak anak buat menonton.

Area taman seluas 250.000 ? ini resmi beroperasi pada 17 April 1976 dan berada di daerah berbukit Provinsi Gyeonggi, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk berjalan kaki untuk mencapai atraksi yang diinginkan. Namun ada beberapa yang memudahkan diakhir zona global fair ini kita biasa antri untuk naik Human sky yang ingin ke Zootopia atau sky cruise yang meluncur ke magic land. Sedangkan untuk mencoba wahana di American Adventure tinggal jalan kaki dan belok kanan kita akan segara disambut oleh hurricane setinggi 19 meter.

Taman satwa lah yang menarik perhatian Andika dan istrinya, sebelum naik Human Sky mereka menuruni jalan sedikit menuju Panda World, disini kita bisa langsung melihat panda dan juga terdapat Hi-tech panda exhibition. Sepasang panda raksasa yang bernama Lebao dan Aibao ini merupakan hadiah persahabatan kedua negara yang diberikan oleh presiden Tiongkok Xi Jinping dan menyapa pengunjung untuk pertama kalinya pada bulan April 2016 untuk merayakan ulang tahun ke 40 Everland pada tahun yang sama.

Zootopia sendiri mempunyai luas area sekitar 15.000 ? dan mempunyai dua ribu satwa dari 201 spesies. Turun dari Human Sky, wild beast langsung dengan harimau putih dan harimau dari Korea disebrang jalan dan tak jauh dari situ kita dapat melihat polar bear house. Tak lupa berebutan dengan anak anak demi melihat Pinguin, singa laut dan berang berang.

Ada beberapa penampilan satwa yang selalu ditunggu diarena ini seperti pertunjukan singa laut yang bercerita tentang putri singa laut yang mengelar perayaan ulang tahun, pertunjukan yang dibawakan oleh para monyet di Korea’s first Ape Village dan pertunjukan kalaborasi beberapa hewan dengan cerita pulau harta, saat musim panas tiba kita juga bisa menyaksikan berbagai atraksi burung dialam terbuka. Untuk schedulenya bisa diambil saat di masuk di gate utama.
“Kalau anak kami dibawa pasti dia tidak mau pulang, bakal berdiri terus didepan panggung”Ujar Andika. “dalam cerita juga diselipkan banyak pendidikan tadi seperti buang sampah pada tempatnya, selalu berbuat baik dan rajin membantu orang lain itu bagus buat anak anak” tambahnya lagi.

Lokasi taman binatang ini sendiri sangat ramah anak tak heran kita akan melihat banyak kereta bayi yang antri untuk masuk beberapa wahana tertentu seperti di Lost Valley. Sambil menganti panjang kita tidak akan bosan karena diperkenalkan dengan berbagai satwa dan penjelasannya, anak anak terlihat tak henti-hentinya bertanya dan dan orang tua mereka dengan sabar terus menjelaskan. “appa igoe moya (Ayah ini apa)” atau “ibu dia kenapa tidur terus?” terdengar suara anak-anak dengan suara manja mereka, sesekali terdengar suara orang tua “hati – hati nanti jatuh” atau “ jangan ngangu mereka lihat saja” sambil sesekali mengusap kepala anaknya. Pemandangan ini akan terus belanjut hingga petugas menyapa mereka untuk memarkirkan kereta dorong sebelum naik kedalam mobil ampibi.

Tour ini dibuat dilembah terbuka pada tahun 2013 dengan fitur mengelilingi lembah safari yang besar dengan mengunakan mobil ampibi sambil melihat 150 hewan dari 20 spesies. Pengunjung juga dapat melihat secara dekat kerumunan jerapah, Flamingo bahkan gajah karena menggunakan bus terbuka. Petugas dimobil akan menjelaskan setiap satwa dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak anak. Selesai dari situ jangan lupa untuk mengantri juga di Safari Tour yang menawarkan jelajah kehutan yang lebih dalam dan kita bisa melihat kawanan harimau dan beruang dalam ukuran besar yang berjalan menghampiri mobil sambil mengambil makanan yang diserahkan oleh petugas dan tentu saja kita menggunakan bus tertutup . Diluarnya juga ada arena untuk menunggang unta dan kuda poni Benar benar pengalaman yang meyenangkan.

Buat yang ingin sedikit basah basahan bisa mencoba Amazon Express yang pengendara pada perjalanan agak liar melalui gua-gua dan jeram yang ditata seperti suasana hutan. Namun para penumpang ditutupi dengan terpal tahan air sehingga mereka tidak akan terlalu basah.

Sebelum lanjut ke European Adventure disebelahnya tak ada salahnya untuk mengisi perut yang keroncongan disekitar arena ini. Buat muslim juga bisa segera melaksanakan shalat di mushalla yang tersedia di dekat rotating house. Disekitar area ini juga terdapat nursing room.

Bangunan bergaya Eropa castel menemani waktu bekeliling area ini. Atraksi favorit disini adalah misteri mansion di mana pengunjung dapat menguji nyali menembak hantu yang lucu-lucu. Nah katanya belum lengkap rasanya ke Everland sebelum mencoba naik T Ekspres yang merupakan roller coaster yang terbuat dari kayu ini yang diresmikan pada maret 2008 dan disebut sebut sebgai yang paling keren didunia. Coaster ini mempunyai panjang 1.779 m serta dengan tinggi 56 m dan menjadikannya coaster kayu yang tercuram didunia yaitu 77 derajat. Melaju sekitar 3 menit dengan kecepatan 104 kilometer perjam dan merupakan terpanjang dan tertinggi di Asia.

“Yang ginian cukup sekali saja seumur hidup” Ungkap Nora. “tapi pasti nyesal kalau tidak mencoba tapi kalau takut ketinggian bisa pikir pikir lagi”sambungnya kemudian.

Bagi yang takut ketinggian bisa mencoba space tour Rio 4D atau langsung aja ke four season garden adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat di sela-sela perjalanan. Namun buat yang masih penasaran dengan permainan yang memicu adrenalin ini jangan khawatir karena Everland menawarkan lima roller coaster dengan beragam ketingian dan kecepatan, buat yang agak takut bisa mencoba Herky & Timmy Racing Coaster yang merupakan permainan untuk seluruh anggota keluarga yang bahkan bisa dinaikin oleh anak anak di area magic land.

Magic land mempunyai permainan yang lebih banyak yang sayang untuk dilewatkan banyak diantaranya yang sangat ramah anak seperti ball house, lily dance, peter pan dan banyak yang lainnya. Ada juga magic cookie house dimana kita bisa berperan menjadi koki serta membuat kue. Butterfly garden yang penuh dengan kupu-kupu cantik. Kawasan ini memang bertema magic dan sulap sesuai dengan imajinasi kita kala kecil.

Jangan lupa juga berkunjung ke Global Village yang sudah ada sejak agustus 1985. Di tempat ini kita akan naik perahu kecil dan berkeliling keseluruh dunia lewat miniatur yang diperkenalkannya. Ada tradisi, budaya dan pemandangan dan boneka yang menampilkan ikon lebih 18 negara.

Arena yang lebih menantang tentu ada di Amerika Adventure, disini adrenalin kita akan tertantang untuk mencoba let’s twist permainan kursi berputar 360 sambil bergerak keatas, ada kapal ayun viking atau mencoba double rock spin. Puas teriak sampai sore saatnya kembali ke area magic land untuk melihat highlight mereka yaitu moonlight parade. Saat parade dimulai seluruh lampu disekitar rute akan dimatikan sehingga menambah indah kelap kelip lampu petunjukan. Masih ingin menunggu sampai selesai jangan lewatkan pesta kembang api spektakuler yang menggabungkan seni kembang api dan musik berenergi tinggi untuk mengesankan pengunjung dari segala usia yang menjadi penutup hari anda di Everland. Selamat bermain. []

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

To Top