Connect with us

FIFA Putuskan Kontestan Piala Dunia Jadi 48 Tim

Gianni Infantino. FOTO: FIFA

Olahraga

FIFA Putuskan Kontestan Piala Dunia Jadi 48 Tim

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — FIFA sudah membuat keputusan mengenai jumlah tim di putaran final Piala Dunia. Pesta sepak bola sejagat itu akan diikuti 48 tim di tahun 2026.

Wacana mengenai penambahan jumlah tim di putaran final Piala Dunia itu sudah muncul sejak tahun lalu. Gagasan itu dicetuskan oleh presiden FIFA yang baru, Gianni Infantino.

Pada awalnya Infantino cuma ingin menambah delapan tim menjadi 40 tim finalis, tapi akhirnya diputuskan menjadi 48 tim.

Putaran grup akan dibagi menjadi 16 grup. Setiap grup akan diisi tiga tim, dua tim teratas bakal lolos ke babak fase gugur 32 besar. Keputusan itu ditetapkan dalam rapat Dewan FIFA yang berlangsung di Zurich, Swiss, Selasa (11/1/2016).

“Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan Piala Dunia akan diikuti 48 tim mulai 2026: 16 grup yang diisi tiga tim. Untuk lebih detilnya akan diumumkan setelah pertemuan,” sebut Twitter resmi FIFA.

Ada sejumlah kekhawatiran atas sebagai imbas dari keputusan FIFA menambah finalis Piala Dunia ini. Seperti dilansir Reuters, salah satunya adalah menurunnya kualitas kompetisi di ajang empat tahunan itu.

Edisi Piala Dunia terakhir yang berlangsung di Brasil disebut-sebut menjadi salah satu edisi terbaik, menyusul adanya beberapa penampilan luar biasa dan hasil akhir yang mengejutkan.

Salah satu hasil mengejutkan itu adalah kemenangan Jerman asal Brasil dengan skor 7-1 di babak semifinal. Die Mannschaft akhirnya menjadi juara usai mengalahkan Argentina.

DETIK.COM

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Olahraga

To Top