FOTO | Pawai Budaya Aceh

0
1124
FOTO: Ahmad Ariska/ACEHKITA.COM

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 secara resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Muhadjir Effendy, pada Minggu (5/8) malam di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh. Kegiatan yang digelar saban lima tahun sekali ini akan berlangsung pada 5-15 Agustus 2018.

Senin (6/8) pagi, kemeriahan PKA tampak dari pergelaran pawai budaya yang diikuti oleh peserta perwakilan dari 23 kabupaten/kota di Aceh. Bahkan, pawai ini turut disemarakkan dengan kehadiran empat ekor gajah yang ikut pawai. Satu dari empat gajah tersebut telah diwarnai putih, sehingga tampak layaknya gajah putih asli.

Pawai budaya ini menampilkan ciri khas dan keunggulan budaya masing-masing dari delapan etnik yang ada di Aceh. Hal ini terlihat dari pakaian adat yang dikenakan, gaun kreasi, putroe bungong, atraksi budaya dan kearifan lokal.

Pawai gajah dan pejalan kaki yang mengenakan pakaian adat ini mengambil rute dari Blang Padang menuju ke Simpang Jam melintasi Meuligoe Gubernur Aceh.

Dari sana, kemudian menuju ke panggung utama yang berada di sebelah utara Masjid Raya Baiturrahman. Terakhir, peserta pawai akan kembali ke Blang Padang.

Berikut foto-foto yang diabadikan oleh Ahmad Ariska, pewarta foto ACEHKITA.COM.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.