Connect with us

Gemerlap Jalan Bintang K-Pop

Travel

Gemerlap Jalan Bintang K-Pop

TENTU tak asing bagi Anda Psy. Ya, penyanyi rap veteran Korea Selatan itu yang memperkenalkan Oppa Gangnam Style, tarian yang mendadak heboh dan diikuti jutaan orang di pelbagai belahan dunia. Gangnam Style kemudian menjadi tren dan dibicarakan banyak orang di dunia. Tak pelak, Psy berkesempatan masuk markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Aha, di sana Psy ikut mengajarkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban ki Moon untuk menari ala Gangnam. Sejak itu, musik Korea mewabah ke seantero dunia. Virus K-Pop menjalar dan menjangkiti generasi muda di pelbagai negara. Jadilah, demam Korea di mana-mana, termasuk Indonesia.

Industri musik Korea memang sudah berkembang pesat, jauh sebelum Psy popular dengan Gangnam Style-nya. Di Korea Selatan sendiri, pemerintah memberikan dukungan besar terhadap perkembangan industri musik dalam negeri.

Sebuah kawasan modis di Korea Selatan menjadi etalase bagi perkembangan industri music negeri ginseng itu. Pemerintah menamakan sebuah jalan dengan sebutan Korean K-Pop Star Road. Ini adalah jalan tempat lahirnya artis-artis Korea dengan pop Hallyu-nya.

Seorang perempuan paruh baya, berkacamata dan berjaket tebal, tiba-tiba menghampiri saya. “You know where its this?” tanya perempuan yang tengah mencari boneka di kawasan K-Pop Star Road.

Perempuan itu –datang bersama temannya—mencari boneka lukis VIXX, boy band yang tengah naik daun. Ia mengaku fans berat band beranggotakan enam personel yang melejit melalui ajang reality show “MyDOL”.

K-Pop Star Road bukan hanya sekadar tempat berkantornya industri musik Korea, tapi menjadi sebuah pusat bisnis dan pariwisata budaya Korea. Jalan Bintang Korea itu gemerlap dan megah. Saat pertama sekali turun dari subway, kemegahan jalan ini langsung menyambut Anda.

Di stasiun kereta bawah tanah itu, misalnya, Anda akan disambut gambar dan ppster 2PM dan Kara. Lalu ada juga K-Pop G Stars yang tengah mempromosikan album mereka di sini, lengkap dengan layar LCD besar yang menampilkan pelbagai video klip mereka. Lalu ada JYP, DSP Entertainment yang semakin menyemarakkan stasiun kereta bawah tanah itu. Sebuah booth disediakan bagi penggemar untuk foto-foto gratis dengan “artis” idola mereka, yang nantinya gambar akan dikirim langsung ke surat elektronik atau smartphone Anda.

Saya, yang mengidolakan Korea, tentu takjub dengan ajang promo besar-besaran ini. Saya membayangkan jika industri musik Indonesia menerapkan pola promo seperti ini, tentu akan semakin maju dunia musik kita.

12188636_10208371307348562_1733265058_nMeninggalkan subway, saya keluar melalui pintu Exit 2, yang langsung disambut boneka-boneka besar yang dilukis sesuai karakter para Korean Group Idol. Di sana saya menemukan 4minute. Para fans bisa mencari lokasi dan spot bagus untuk berfoto pada lukisan 4minute ini. Dari sini, biasanya para fans akan bergerak menuju lokasi perusahaan tempat artis kesayangan mereka di K-Pop Road.

“Anda menunggu siapa?” tanya saya dalam bahasa Inggris ketika menemukan beberapa fans yang bertahan di tengah cuaca dingin di depan FNC Entertaiment.

“Kami menunggu CN Blue,” jawab turis dari Filipina ini. CN Blue adalah band yang sangat populer, mereka tidak menari sambil menyanyi layaknya grup boy band. Para fans ini mengaku mereka akan menunggu beberapa jam sebelum menyerah pergi. Tak hanya di depan FNC, fans yang lain juga menunggu di depan kantor JYP.  Menunggu di suhu yang dingin memang membutuhkan tekad yang kuat.

Fans dari CUBE Entertaiment bisa sedikit lega karena kantor tersebut dilengkapi cafe di lantai bawahnya sehingga kita bisa menunggu sambil menikmati minuman hangat dan kalau beruntung akan berhasil melihat para idola menuju lantai dua ke kantor mereka.

Seberapa besar kemunginan bisa melihat bintang kesayangan? Cloudy salah seorang fans dari Vietnam mengatakan semakin sering datang maka semakin banyak kemungkinan yang didapat.

“Biasanya para fans selalu punya cara untuk tahu kapan bintang kesayangan mereka akan ke kantor,” katanya lagi. “I was wait at JYP before and look some member of  Got7 like Jackson,” ceritanya lagi.

12182266_10208371307428564_1764470376_nSaya sendiri di dalam cuaca yang dingin beberapa bulan yang lalu berhasil melihat beberapa anggota dari SNSD, EXO, Jonghyun Shinee dan berhasil menyapa Donghee, membernya Super Junior, saat menemani beberapa pengemar K-Pop.

Berbicara tentang Korea Selatan tidak terlepas dari peranan gelombang Hallyu yang sudah dimulai sejak hampir 20 tahun yang lalu. Selain drama maka musik dan para penyanyinya juga membawa banyak pengemar mereka datang untuk mengunjungi para idola mereka.

Pada tahun 1998, musik Korea sudah mulai masuk negara tetangga, Jepang dan China yang setiap tahunnya terus berkembang hingga seluruh dulu. Para penyanyi K-Pop tak hanya jago kandang Asia namun mereka sukses mengelar konser sampai ke Eropa dan Amerika.

Pada tahun 2011, Music Bank salah satu program musik milik statiun TV KBS berhasil menggelar konser di beberapa negara termasuk Eropa yang berakhir sukses. Pada tahun 2012 video musik Pys yang berjudul Oppa Gangnam Style berhasil menarik puluhan ribu mata dan berakhir sebagai video Youtube yang paling disukai menurut Guinness World Records.

Suksesnya perkembangan gelombang Hallyu ini membuat pemerintah kawasan Gangnam untuk memulai proyek “K-Pop Star Road” di kawasan paling mewah, Apgujeong Rodeo. Proyek yang menelan biaya antara 10 sampai 20 miliar won ini sudah hampir rampung bahkan sebagian di antaranya sudah bisa dinikmati.

Apgujeong Rodeo sendiri sudah lama menjadi tujuan wisata Pop Idol Korea. Ada empat perusahaan hiburan yang bermarkas di sini, yaitu SM Entertaiment yang memliki artis seperti Super Junior, SNSD, TVXQ, F(x), EXO dan lainnya; JYP Entertaiment, perusahaan yang menaungi 2PM, Miss A, Wonder Girls, FNC Entertaiment yang menaungi CN Blue, FT Island, AOA; dan CUBE Entertaiment tempatnya BEST, 4Minuet, A pink dan lainnya.

Setiap harinya para pengemar berdiri berjajar di depan perusahan tersebut menunggu penyanyi kesayangan mereka keluar atau sekedar mengabadikan tempat itu, seperti yang terjadi hari ini di bawah suhu musim gugur 17 derajat Celsius para fans masih setia menunggu mereka datang dari pelbagai negara.

Pemerintah daerah Gangnam akan terus memperluas kawasan seperti di Apgujeong, Cheongdam serta Garosu-gi dan menambah beberapa fasilitas yang akan memberi kenyamanan bagi para pengunjung. Di kawasan Apgujeong Rodeo sendiri para wisatawan sudah melihat kemegahan projek ini saat turun di station ini pada Bundang Line, selamat datang ke dunia K-pop di daerah yang paling elit di kawasan Gangnam.[]

KHITHTHATI (Korea Selatan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Travel

To Top