Connect with us

Google Ubah Ponsel sebagai Penerjemah

Gadget

Google Ubah Ponsel sebagai Penerjemah

[vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_column_text]CALIFORNIA — Google memperbarui aplikasi Google Translate, Rabu (14/1/2015). Dengan aplikasi versi baru ini, raksasa internet itu berupaya menjadikan ponsel cerdas sebagai penerjemah real-time.

Aplikasi Google Translate kini bisa digunakan sebagai alat bantu bagi guru, petugas medis, polisi, dan pihak lainnya yang ingin meningkatkan kemampuan banyak bahasa.

Para pengguna Google Translate kini bisa memahami makna simbol, menu, atau lainnya yang ditulis dalam bahasa Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Rusia, Spanyol ke dalam bahasa Inggris.

“Kami memberikan kemudahan bagi Anda untuk menerjemahkan teks menggunakan kamera, jadi itu merupakan cara yang mudah untuk mengenali tanda navigasi jalan di belahan Italia atau memutuskan memesan menu apa di restoran Barcelona,” sebut tim Google Translate dalam blognya, seperti diberitakan AFP, Kamis (15/1/2015).

acehkita.com mencoba untuk menggunakan aplikasi Google Translate versi baru ini. Namun, Google belum menyediakan dukungan untuk bahasa Indonesia. Di Tanah Air, Google Translate baru bisa digunakan untuk menerjemahkan teks biasa dan audio (bicara).

Google Translate juga menyediakan dukungan untuk menerjemahkan teks tanpa perlu menggunakan jaringan Internet. Namun, Anda terlebih dahulu harus mengunduh paket bahasa Indonesia dengan ukuran file 236 MB.

Fitur-fitur baru ini dibuat menggunakan teknologi Word Lens. Tahun lalu, Google mengakuisisi perusahaan Quest Visual, pemilik teknologi tersebut, sebuah startup yang didirikan oleh Otavio Good.

Cara kerjanya, teknologi Word Lens menggunakan mode video yang ada pada ponsel pintar untuk memindai, mengenali tulisan, dan kemudian menampilkan hasilnya seperti tertulis di dalam bahasa Inggris.

“Jika kamu mencari menu restoran, menarik untuk melihat menu mana yang akan Anda sukai sehingga kamu bisa memesannya,” kata Otavio Good.

Pembaruan Google Translate ini berguna bagi mereka yang suka menjelajahi banyak tempat. Jadi, Anda tak perlu lagi takut kesasar atau bingung memesan menu di restoran. Google mengubah ponsel cerdas sebagai penerjemah pribadi Anda. []

AFP | BUSINESSINSIDER.COM[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Continue Reading
Baca juga...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gadget

To Top