Connect with us

Irwandi ‘Kick’ Apa Karya dengan Janji 1 Juta Per KK

Pilkada

Irwandi ‘Kick’ Apa Karya dengan Janji 1 Juta Per KK

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pasangan calon gubernur nomor urut 6, Irwandi Yusuf berhasil meng-kick Zakaria Saman dengan pertanyaan menohok, dalam debat kandidat tahap kedua, di Amel Convention Hall, Rabu malam 11 Januari 2016.

“Dulu (kampanye Pilkada 2012) anda berjanji, kalau menang (calon yang anda usung), masyarakat Aceh akan mendapat tunjangan Rp1 juta per KK. Kalau nanti anda menang apa janji itu akan anda penuhi?” ujar Irwandi.

Pada gelaran Pilkada 2012 lalu, Apa Karya, sapaan Zakaria Saman mendukung pasangan Zaini Abdullah – Muzakir Manaf. Pasangan yang diusung dari Partai Aceh ini kemudian menang atas pasangan Irwandi Yusuf. Saat itu, memberikan Rp1 juta per KK merupakan janji politik yang mereka sampaikan saat kampanye.

Pertanyaan yang diajukan Irwandi tersebut di samping memancing gelak tawa seluruh penonton debat, juga membuat Apa Karya, Mantan Menteri Pertahanan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini tertawa sembari menjawab, “kalau jadi saya (menjadi gubernur) baru tanya lagi. Kalau sekarang mana ada,” ujarnya. Hadirin tertawa.

Apa melanjutkan, “kalau saya rapel mana sanggup, 12 bulan kali 5 tahun mana sanggup kita bayar.” Semua tertawa termasuk Apa Karya.

Irwandi lantas menyela, bahwa jawaban Apa Karya menandakan bahwa ia mengelak dan tidak mengakui pernah mengatakan itu (janji Rp1 juta per KK).

Jadi begini. “Kameng blang pajoh jagong bek kameng gampong keunong geulawa,” kata Apa. Artinya, kambing di sawah yang makan jagung, justru kambing desa yang terkena lemparan. Apa menyebutkan, kami (barangkali maksudnya ia) mengusahakan Rp1 juta per untuk membuat masyarakat sejahtera. Kata Apa, jikalau perut kenyang (masyarakat sejahtera) pasti bisa.

“Tapi lon hanameujanji ata nyan beuh (Rp1 juta per KK),” semua tertawa. Juga Apa dan penanya Irwandi Yusuf. []

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Pilkada

Trending

RSS Info Lowongan Kerja

Pilkada

Kuliner

To Top