Connect with us

Irwandi Yusuf Ditetapkan Jadi Gubernur Aceh

Aceh

Irwandi Yusuf Ditetapkan Jadi Gubernur Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh lewat plenonya menetapkan Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Periode 2017-2022, di Hermes Hotel Banda Aceh, Jumat, 07/04/2016.

“Menetapkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih nomor urut enam Drh. Irwandi Yusuf M.Sc dan Nova Iriansyah dengan perolehan suara sebanyak 898.710 sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Periode 2017 – 2022. Sebagaimana dimaksud dalam diktum ke satu terpilih pada pemilu 2017,” ujar Ridwan Hadi dalam putusan KIP Aceh yang ia bacakan.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, menyebutkan siang nanti, KIP akan menyerahkan hasil pleno kepada DPR Aceh untuk kemudian disampaikan kepada presiden melalui Mendagri.

“Kewajiban kami untuk menyerahkan kepada pimpinan DPR dan kami mohon DPR Aceh bisa menerima kunjungan kami untuk menyerahkan dokumen ini,” ujar Ridwan Hadi.

Ridwan menambahkan, KIP telah menyelesaikan tugasnya. Ia berharap kepemimpinan ke depan dapat menghadirkan kenyamanan dan kemakmuran bagi seluruh masyarakat Aceh.

Sebelumnya, Irwandi yang berhasil mengumpulkan 898.710 suara digugat ke Mahkamah Konstitusi oleh pasangan Muzakir Manaf – TA Khalid. Gugatan tersebut kemudian ditolak MK karena tidak memenuhi syarat soal ambang batas seperti diatur dalam Undang-Undang Pilkada.

Pilkada Aceh diikuti oleh enam pasangan calon. Dalam plenonya di DPR Aceh pada 25 Februari lalu, KIP mengumumkan bahwa Paslon nomor urut satu (Tarmizi Karim – Machsalmina ali) dengan perolehan suara 406.865, Paslon nomor urut dua (Zakaria Saman – Alaidinsyah) dengan perolehan suara sebanyak 132.981.

Sementara Paslon nomor urut tiga (Abdullah Puteh – Sayed Mustafa Usab dengan perolehan suara 41.908, dan Zaini Abdullah – Nasaruddin memperoleh suara sebanyak 167.910 suara.

Selanjutnya, pasangan yang menggugat kemenangan Irwandi Yusuf, yaitu Muzakir Manaf – TA Khalid dengan perolehan suara mencapai 766.427 suara. Berdasarkan hasil itu, paslon terpilih yaitu Irwandi – Nova unggul dengan selisih suara mencapai 132.283 suara

Total suara sah pada Pilkada Aceh sebanyak 2.414.801, dan sebanyak 109.62 suara diketahui tidak sah. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aceh

To Top