Connect with us

Ittefaq, Sebuah Kebetulan atau Pembunuhan Berencana

Film

Ittefaq, Sebuah Kebetulan atau Pembunuhan Berencana

Film dimulai Vikram Sethi yang diperankan Sidharth Malhotra mencoba melarikan diri dari kejaran polisi.

Vikram merupakan novelis misteri keturunan India yang tinggal di London. Ia datang ke tanah leluhur untuk peluncuran karya terbarunya setelah yang terakhir mengalami penjualan yang buruk. Keadaan bertambah rumit ketika ia menemukan istrinya tergelak tewas disebuah hotel di Mumbai dan ia dicurigai sebagai tersangka.

Malang bagi Vikram dalam pelariannya ia ditemukan pingsan disamping mayat dengan serakan vas berdarah disebuah apartemen milik maya yang sama sekali tidak ia kenal. Jenazah tersebut merupakan suami Maya yang dimainkan oleh Sonakshi Sinha.

Kasus kini bertambah rumit bagi polisi, dalam semalam telah terjadi dua kasus pembunuhan dengan dua tersangka dan pengakuan berbeda. Kasus ini kemudian ditangani oleh Dev yang dilakoni dengan apik oleh Akshaye Khanna. Mereka memiliki waktu tiga hari untuk mengungkap peristiwa ini.

Film trailer murni tanpa nyanyian dan lagu ini bukanlah yang biasa dilayar kaca bollywood yang penuh tarian dan warna. Mumbai digambarkan sendu ditengah musim hujam dengan warna kusam diantara apartemen, jalanan dan kantor polisi yang remang-remang. Remake dari film hit tahun 1969 dengan judul yang sama, ittefaq yang berarti kebetulan. Musim hujan yang romantis menjadi suram.

Walaupun Abhay Chopra memulai debutnya sebagai film ini namun dari awal ia dengan apic mengiring perhatian penonton untuk terus fokus menebak siapa pembunuh sebenarnya tanpa banyak menampilkan plot yang tidak perlu. Bersama Akshaye Khanna, para penonton ditantang untuk mencari tersangka dengan suguhan dengan petunjuk-petunjuk yang ada serta diajak berfikir apakah ini sebuah pembunuhan dengan rencana yang matang atau hanya sebuah kebutulan.

Para pemain film ini memerankan tokoh mereka dengan baik walaupun dengan ritme tidak sama yang terkadang tersentak ditengah film. Selain sinematografi dan editing yang solid, Ittefaq juga mendapat manfaat dari tiga pemerannya yang solid. Akshaye Khanna, Sidharth Malhotra dan Sonakshi Sinha semuanya sangat efektif dalam penampilan mereka.

Sidharth bukanlah wajah baru di layar film India ia memulai karirnya sebagai asisten sutradara sebelum akhirnya debut beberapa tahun lalu dalam film Student Of The Years. Sonakshi sendiri berlatar keluarga aktor yang secara kebetulan dulu ayahnya menolak nemerima memeran peran Vikram pada film Ittefaq tahun 1969. Sementara Akshaye merupakan aktor kawakan yang telah banyak bertukar peran dan bisa dikatakan yang paling senior pada film ini. Ia memiliki peran paling rinci, dialah yang mengajukan pertanyaan, mendengarkan cerita dan sampai pada kesimpulan logis.

Pertarungan narasi ditampilkan saat masing-masing tersangka memiliki versi tersendiri kepada kita tentang kejadian yang sebenarnya terjadi malam itu di apartemen Maya saat suaminya ditemukan mati dibunuh. Film ini beralur mundur dimulai dari peristiwa, pengenalan para tokoh dan kejutan diujungnya.

Film thriller ini diproduksi bersama oleh Red Chillies Entertainment dengan BR Studios & Dharma Productions dan telah dirilis tanggal 3 November 2017. Melewati jadwal syuting yang padat selama 50 hari tanpa bocoran spoiler apapun. Film tahun 1969 sendiri disutradarai oleh Yash Chopra dibawah produksi oleh BR Film dibawah produser BR Chopra yang dibintangi oleh Rajesh Khanna, Iftekhar dan Nanda sebagai pemeran utama. Kebetulan laiinnya bahwa Abhay Chopra merupakan putra kandung dari sang Produser Asli.

Walaupun sang sutradara bersandar pada premis yang nyaris sama dengan rekaan Yash Chopra dan BR Chopra pada masa lalu namun akhir kisah ini sangat berbeda. Premis dasarnya dimana seorang pria yang sedang diburu karena dicurigai membunuh istrinya, berlindung di rumah seorang wanita yang memiliki sekantong rahasia sendiri. Selain tuduhan pembunuhan ganda, Ittefaq baru ini melempar di sudut baru yaitu kasus bunuh diri yang juga terkait dengan tokoh Vikram Sethi, apakah ia merupakan karakter protagonis ataupun pembunuh.

Film ini merupakan jenis drama misteri yang membuat penonton terkejut dengan pikiran sendiri diakhir cerita. Berdurasi 100 menit dan plot yang cepat membuat para pencinta misteripun sulit menebaknya walaupun kita telah menonton versi aslinya. Selamat menonton dan menebak apakah Vikram, Maya atau ada orang ketiga. []

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Film

To Top