Connect with us

Jaga Ikan Khas Danau Lut Tawar, Ribuan Benih Ditabur

Foto: Humas Aceh Tengah

Berita

Jaga Ikan Khas Danau Lut Tawar, Ribuan Benih Ditabur

TAKENGON | ACEHKITA.COM – Habitat ikan khas Danau Lut Tawar, Aceh Tengah semakin terancam. Pemerintah mengambil langkah untuk menjaga ikan depik, pedih dan peres tetap lestari.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin mengatakan ada dua cara agar ikan asli tersebut dapat tetap terjaga populasinya. “Pertama, kita harus menjaga yang ada, caranya dengan mengatur alat tangkap dan membatasi area penangkapan ikan terutama di wilayah ikan bertelur, ini sudah ada qanunnya,” ujarnya Rabu 13 Desember 2017 dalam rilisnya.

Selanjutnya menurut Nasaruddin, dengan menebar benih ikat dari luar. Hal ini bisa dilakukan berkesinambungan seiring dengan kemampuan Balai Benih Ikan setempat yang sudah bisa memperbanyak bibit ikan asli Danau Laut Tawar.

Menebar benih juga dapat dilakukan di beberapa aliran sungai yang juga merupakan tempat habitat ikan asli tersebut. “Jika alat tangkap yang digunakan sesuai aturan dan restocking juga dilakukan secara berkesinambungan, maka kelestarian ikan asli danau bisa dapat terus dipertahankan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Nasaruddin ikut serta dalam kegiatan menebar benih sebanyak 8.250 benih ikan Pedih dan 2.000 benih ikan Peres. Penebaran benih dilakukan di Danau Lut Tawar sekitar Kampung Kelitu, Kecamatan Bintang.

Ikan depik, pedih dan peres adalah ikan khas danau tersebut, yang menghidupi ribuan warga yang hidup di sekitar danau tersebut. []

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita

Trending

Pilkada

Kuliner

To Top